Longsor di Bukit Kemuning, Warga Bersihkan Jalan Gunakan Alat Seadanya

Warga Perumahan Bukit Kemuning Seibeduk gotong royong di lokasi tanah longsor di pemukiman mereka. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Hujan deras dan angin kencang yang melanda Batam sejak Selasa (28/2/2023) kemarin, menyebabkan beberapa titik menjadi lokasi bencana seperti banjir dan longsor. Salah satu lokasi terjadi di wilayah Bukit Kemuning, Seibeduk, Batam, Kepulauan Riau.

“Saya baru sadarsb longsor di Bukit Kemuning, saat pulang bekerja sekitar pukul 22.00 WIB tadi malam,” jelas Rian salah satu warga Perumahan Bukit Kemuning, Rabu (1/3/2023).

Adanya longsor ini, diakuinya sempat menutup akses jalan bagi warga perumahan yang ingin keluar dan akan kembali ke kediamannya.

Walau kini, ia juga menuturkan bahwa warga tengah bahu-membahu bersama perangkat RT dan RW dalam membersihkan material tanah dan batu yang berasal dari atas bukit.

“Pagi ini warga membantu perangkat RT/RW mencoba membersihkan akses jalan dengan alat seadanya. Kondisi lalu lintas, hanya satu lajur yang bisa dilalui yakni jalur untuk warga agar dapat keluar,” paparnya.

Sementara itu, beberapa daerah di kawasan Seibeduk yang terdampak di antaranya, di Perumahan Permata Asri, Pancur Biru, GMP, Pancur Tower, Pondok Graha, Rusun Perumnas Piayu, Mangsang.

Tidak hanya wilayah Seibeduk, beberapa titik banjir juga terjadi kawasan Simpang Kabil tepatnya di wilayah perumahan Plamo Garden, Simpang Frengki Batam Center, Simpang Helm Botania, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, di depan perumahan Cipta Asri, Tembesi. Taman Puri Fortuna Tiban, Taman Raya Batam Centre, dan Bengkong Batam. (Nando)