BP Batam Bangun Gedung Baru Polsek Batuampar Demi Kenyamanan Investor

gedung baru polsek batuampar
Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro. Foto: Humas BP Batam.

AlurNews.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam bangun gedung baru Polsek Batuampar. Hal itu dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi inverstor. Gedung baru Polsek Batuampar ini berada di Jalan Kuda Laut dan diresmikan pada Selasa (14/3/2023).

Turut hadir dalam peresmian ini Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam Wan Darussalam, pejabat eselon II, III dan IV BP Batam, serta jajaran Forkopimda Kota Batam.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi melalui Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro mengatakan, beberapa waktu lalu BP Batam bersama Polri telah menyepakati untuk memindahkan Kantor Polsek Batuampar yang lama.

Baca juga: Polsek Batuampar Ringkus Pelaku Pengeroyokan di VG Club Pacific

Pemindahan itu dikarenakan akan dilakukannya pelebaran jalan yang telah direncanakan oleh BP Batam, sebagai infrastruktur pendukung ke Pelabuhan Batuampar.

“Polsek yang lama terkena program proyek nasional dalam rangka pengembangan Batuampar yang lebih bagus lagi. Terlebih BP Batam menjadikan pengembangan Pelabuhan Batuampar ini sebagai program strategis beberapa tahun ke depan,” ujarnya.

Sehingga ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri yang selalu mendukung program BP Batam dalam menjadikan Batam sebagai kota modern ke depannya.

Peresmian hibah atau alih status bangunan gedung Polsek Batuampar ini juga merupakan bentuk dukungan BP Batam kepada Polri, terhadap program dan kegiatan yang akan dilaksanakan BP Batam pada saat ini hingga ke depannya.

“Polsek Batuampar ini dibangun oleh BP Batam dengan biaya Rp6,2 miliar. Dengan luas bangunan 1.200 meter dan luas lahan 4.000 meter. Polsek Batuampar diharapkan bisa membantu program dan kegiatan yang direncanakan BP Batam demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam,” jelasnya.

Seperti diketahui, BP Batam akan menggesa pengembangan Pelabuhan Batuampar yang difokuskan untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan dan kuantitas daya tampung peti kemas. Dengan target hingga tahun 2025 mendatang sebesar 1,6 juta TEUs.

Sejalan dengan pengembangan Pelabuhan Batuampar tersebut, BP Batam membutuhkan dukungan dari pihak kepolisian untuk menata dan membersihkan Pelabuhan Batuampar demi kemudahan investasi di Kota Batam.

Jika ke depannya Pelabuhan Batuampar dapat ditata kembali dengan sinergitas bersama, Pelabuhan Batuampar akan dapat menangkap pertumbuhan arus barang, serta dapat memenuhi kebutuhan domestik dan interkoneksi dengan pulau-pulau sekitar.

“Kami mohon dukungan dari semua pihak untuk dapat mewujudkan program strategis BP Batam khususnya dalam pengembangan Pelabuhan Batuampar. Tanpa dukungan dari seluruh pihak, Kota Batam tidak akan berkembang pesat seperti sekarang ini,” tuturnya.

“Semoga dengan hibah gedung Polsek Batuampar ini juga dapat saling berkomitmen untuk membangun, menertibkan, mengamankan, dan menata kembali hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan investasi Kota Batam,” imbuhnya.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Tabana Bangun dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk mendukung BP Batam dalam membangun Kota Batam. Dengan demikian, BP Batam selaku pengelola di wilayah Batam dan ikut serta dalam melakukan pembangunan sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Bukan kebutuhan kepolisian tetapi kebutuhan untuk mendukung semua sektor, termasuk sektor perekonomian,” tegasnya.

Tabana menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP Batam atas terbangunnya fasilitas kantor kepolisian yang memang sesuai kebutuhan dari masyarakat.

“Saya acungi jempol mewakili kepolisian dan masyarakat tentunya,” ujarnya.

Ia menambahkan, kepada semua tokoh masyarakat, tokoh agama hingga seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Batuampar untuk bersama-sama menjaga kantor Polsek Batuampar.

Keberhasilan dalam menjaga situasi keamanan dan kenyamanan di Batuampar akan kembali dirasakan oleh masyarakat karena tentunya akan meningkatkan kesejahteraan ke depannya.

“Saya salut dengan Kepala BP Batam yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya. Mako polsek ini tentunya jadi sebuah sejarah bagi Polda Kepri. Salam hormat kami kepada Kepala BP Batam yang sudah memberikan tempat ini,” ujarnya. (red)