Mudik Lebaran, 13 Ribu Kendaraan Diprediksi
Lewat Pelabuhan Roro Telagapunggur

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Roro Telagapunggur. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Persero Batam memprediksi tahun ini lonjakan penumpang mudik Lebaran di Pelabuhan Roro Telagapunggur sebesar 30 persen dari tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya ada kurang lebih 8 ribu orang. Di tahun ini diprediksi bisa mencapai 13 ribu orang dan kendaraannya. Ini makanya sistem antrean kami ubah,” kata General Manager (GM) PT ASDP Batam, Marsadik, Selasa (28/3/2023).

Ia mengatakan, untuk memastikan arus mudik Lebaran berjalan lancar, pihaknya akan menindak tegas bagi oknum pegawai ASDP, yang didapati terlibat pada praktik percaloan di lingkungan Pelabuhan Telagapunggur Batam.

“Hal ini sudah saya tegaskan dari jauh hari. Di momen mudik tahun ini dan seterusnya, bagi siapa saja yang terlibat akan langsung sanksi tegas dan dipecat,” terangnya, Selasa (28/3/2023).

Kebijakan ini, diakuinya mulai berlaku sejalan dengan perubahan aturan pendaftaran kendaraan bermotor, yang akan melakukan penyeberangan.

Masalah antrean kendaraan di Pelabuhan Telagapunggur diakuinya kerap menjadi isu yang seksi di momen peringatan hari tertentu.

Hal ini diperparah dengan dugaan adanya oknum calo yang turut berperan dalam mengatur antrean di pelabuhan tersebut.

“Untuk kami agar sesegera berbenah. Terutama ini sudah persiapan mudik, pasti akan ramai masyarakat yang lewat dari sini,” paparnya.

Terkait pengawasan, PT ASDP mengaku akan dibantu oleh TNI-Polri, serta instansi terkait lain. Untuk itu, ia juga meminta peran aktif msyarakat.

“Kami gak bisa sendiri mengawasi. Kalau ada temuan di lapangan silahkan langsung lapor,” paparnya. (Nando)