Piala Dunia U20, Ini Kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

AlurNews.com – Presiden Jokowi akhirnya turun tangan dalam polemik keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20. Dalam siaran persnya melalui laman Indonesia.go.id, Presiden Jokowi meminta semua pihak tidak mengaitkan keikutsertaan tim nasional Israel, dengan posisi politik luar negeri Indonesia.

Kedatangan Timnas Israel ini, dalam rangka mengikuti ajang olahraga.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” kata Presiden dalam keterangannya Selasa (28/3/2023), di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Teguh Santosa: Jangan Terjebak Pikiran Usang

Ia mengatakan, akan mentaati aturan FIFA. Selain itu, Jokowi menegaskan tidak akan mencampuradukan urusan politik dan olahraga.

“Kami sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya,” ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa saat ini pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah berusaha untuk menemukan solusi terbaik mengenai keikutsertaan timnas Israel. Ia bahkan telah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA.

“Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita, baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,” ujarnya.