Puncak Arus Mudik Hang Nadim Diprediksi H-5 Lebaran

Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Foto: kepripedia)

AlurNews.com – Pihak manajemen Bandara Internasional Batam (BIB), selaku pengelola memprediksi puncak arus mudik akan terjadi H-5 Idul Fitri 1444 Hijiriah. Perkiraan puncak arus mudik ini salah satunya diperkirakan akibat rencana hari libur yang ditetapkan dimulai sejak tanggal 19 April 2023.

“Dari trennya ini, puncak arus mudik kira-kira H-5. Dikarenakan wacana libur yang akan ditetapkan pada tanggal 19 April mendatang. Lonjakan penumpang paling penuh, kita perkirakan akan terlihat di tanggal 15 dan 17 April,” kata Direktur BIB Hang Nadim Batam, Pikri Ilham, Rabu (29/3/2023).

Ia mengimbau pihak maskapai guna mengaktifkan aplikasi mobile check in dan electronic check in, guna menghindari penumpukan antrian di area check in bandara.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga mempersiapkan layanan posko di momen Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Terkait persiapan arus mudik Lebaran, kami tentu membuat posko terpadu terdiri dari beberapa stakeholder. Dengan mempersiapkan peralatan dan sumber daya yang dibutuhkan kemudian seluruh infrastuktur yang mungkin nantinya diperlukan sedang dipersiapkan lagi sebaik-baiknya,” terangnya.

Demi kenyamanan bersama, para calon pengguna jasa maskapai penerbangan, diimbau membeli tiket pesawat beberapa hari sebelum waktu keberangkatan. selain itu juga diminta agar datang lebih cepat ke bandara, saat waktu dan hari keberangkatan.

“Bagi pemudik disarankan lebih awal sehingga tidak terjadi penumpukkan di hari-hari padat mendekati hari Lebaran,” ujarnya.

Selain itu, Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan menambah jadwal penerbangan dalam mempersiapkan diri menyambut arus mudik 2023.

Terkait penambahan jadwal penerbangan itu, manajemen Bandara Hang Nadim masih akan melakukan pertemuan dengan masing-masing maskapai penerbangan.

“Untuk mengantisipasi lonjakan pada arus mudik tahun ini. Kami akan tambah jadwal penerbangan dari Batam. Namun harus melalui persetujuan bersama dengan pihak maskapai,” tuturnya, Rabu (29/3/2023). (es)