Dishub Kepri Prediksi Pemudik Lebaran 2023 Capai Enam Juta Orang

Kepala Dishub Kepri, Junaidi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Angka pemudik di Idul Fitri 1444 Hijiriah diprediksi mencapai enam juta orang, angka ini merupakan perhitungan total bagi pemudik yang akan keluar dan masuk di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi mengatakan perhitungan ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya mencapai angka 2-3 juta orang.

“Apalagi saat ini pembatasan sudah dicabut. Tahun ini kita perkirakan akan mengalami peningkatan signifikan,” paparnya melalui sambungan telepon, Selasa (4/4/2023).

Dalam menghadapi puncak arus mudik di Lebaran 2023 ini, pihaknya menambahkan bahwa pihak ASDP Tanjungpinang saat ini telah menyiagakan 59 armada kapal. Sementara ASDP Telaga Punggur, Batam juga menyiagakan 15 armada kapal.

Sebagai wilayah kepulauan, Dinas Perhubungan diakuinya berfokus pada aspek penyebrangan orang dan kendaraan, dengan memanfaatkan armada kapal Roro.

“Jadi langkah-langkah yang harus kita cermati dan persiapkan adalah kesiapan angkutan laut dan penyebrangan, karena mengingat Kepri hampir seluruh wilayahnya adalah kepulauan. Pihak KSOP Tanjungpinang dan Kijang, ASDP Batam sudah melakukan rapat koordinasi,” ujarnya.

Junaidi menyebutkan uji kelayakan armada angkutan laut juga telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI.

“Uji kelayakan sudah dilakukan, untuk kapal penyebrangan sudah di cek dan untuk kapal fery sudah dilakukan pengecekan fasilitas keselamatan yang ada di kapal tersebut,” kata dia. (Nando)