Pertumbuhan Ekonomi Batam Diproyeksikan Tumbuh 7 Persen di 2023

pertumbuhan ekonomi batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi optimistis pertumbuhan ekonomi Batam semakin meningkat di 2023. Foto: Dok. AlurNews.com

AlurNews.com – Pertumbuhan ekonomi Batam diproyeksikan tumbuh hingga 77 persen di tahun 2023. Hal ini didukung dengan capaian pertumbuhan ekonomi di 2022 yang meroket, 6,84 persen. 

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, persentase ini naik 2,09 persen dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 yang mencatatkan persentase 4,75 persen.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan, sudah memiliki beberapa rencana strategis, demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2023.

Baca Juga: Investasi Asing di Batam Naik 48,5 Persen, Rudi Optimistis Ekonomi Meningkat

“Pembangunan infrastruktur pendukung juga memberi pengaruh positif untuk pertumbuhan ekonomi Batam. Kami yakin, angka ini bisa naik terus hingga 7 persen,” ujar Rudi, Senin (3/4/2023).

Pertumbuhan ekonomi ini juga tak terlepas dengan peningkatan investasi di Kota Batam. Investasi merupakan hal penting untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi daerah.

Keberhasilan BP Batam dalam mendongkrak peningkatan nilai investasi juga merupakan suatu pencapaian yang tak bisa dilepaskan dalam laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Pasalnya, realisasi investasi Batam mencapai Rp 13,63 triliun di tahun 2022.Realisasi investasi tersebut didominasi oleh penanaman modal asing sebesar 82 persen atau setara Rp 11,11 triliun dengan jumlah 1.738 proyek.

Baca Juga: Kepala BP Batam Jamin Kemudahan Investasi Dua Calon Investor Asing

Sedangkan penanaman modal dalam negeri di Batam mencapai Rp 2,52 triliun dengan total 2.153 proyek.

Dengan lokasi Batam yang strategis untuk jalur perdagangan internasional ataupun kegiatan ekspor-impor, lanjut Rudi, bukan tak mungkin jika pertumbuhan ekonomi bakal terus naik ke depannya.

“Hari ini, semua infrastruktur sedang kita bangun untuk mendukung kemajuan investasi. Jika Kota Batam maju, maka daya beli masyarakat pun meningkat dan pertumbuhan ekonomi pun terus naik,” ujar Rudi.