Jelang Idul Fitri, Penukaran Uang di Kepri Capai Rp797 Miliar

Antusias masyarakat Batam saat melakukan penukaran uang melalui mobil kas keliling di Pasar Botania Batam Center. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Jelang Idul Fitri 1444 Hijiriah, Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) mencatat penukaran uang telah mencapai Rp797 miliar, dari Rp1,9 triliun yang telah disediakan sebelumnya.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Suryono menuturkan secara persentase pihaknya telah merealisasikan 40 persen, penukaran uang pecahan besar (UPB).

“Saat ini terealisasi sudah 40 persen untuk penukaran uang. Serta saat ini untuk penukaran uang tersisa Rp1,1 triliun,” terangnya, Selasa (11/4/2023).

Melihat polanya, Suyono menyebut penukaran uang akan semakin mengalami peningkatan kurun waktu H-7.

Dimana antusias penukaran uang dari masyarakat masih terfokus atau mayoritas pada Uang Pecahan Kecil (UPK).

“Untuk Uang Pecahan Besar (UPB), kemungkinan besar mulai minggu ini akan meningkat, hal itu seiring kebutuhkan perbankan untuk mengisi ATM sebagai antisipasi selama libur Idul Fitri,” terangnya.

Suyono kembali mengingatkan, guna memudahkan masyarakat pihaknya juga membuka layanan mobil kas keliling di pelabuhan dan bandara bagi masyarakat yang belum melakukan penukaran uang pecahan saat mudik Lebaran 2023.

“Tahun ini mobil kas keliling akan fokus di 10 titik. Tiga diantaranya pelabuhan dan bandara, selain kawasan ramai dan pasar,” ungkapnya.

Suyono menuturkan, keberadaan mobil kas keliling ini juga didukung oleh beberapa perbankan yang memiliki layanan serupa. Walau demikian, pihaknya melakukan pembatasan penukaran uang pecahan dengan nilai maksimal Rp3,8 juta.

“Tidak hanya mobil BI saja, di titik yang dimaksud akan ada juga mobil kas keliling milik perbankan lain. Namun kami batasi per orang hanya dapat menukar maksimal Rp3,8 juta,” ujarnya. (Nando)