Bakamla Bangun Dermaga di Batam untuk Perkuat Keamanan Laut

dermaga bakamla di batam
Penekanan sirine sebagai tanda dimulainya pembangunan dermaga Bakamla di Batam. Foto: Humas Bakamla

AlurNews.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) bangun dermaga di Batam untuk memperkuat keamanan laut. Pembangunan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemasangan tiang pancang, Kamis (13/4/2023).

Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia mengatakan pembangunan dermaga di Setokok, Kota Batam bertujuan melengkapi prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi kompleksitas pelanggaran serta gangguan keamanan dan keselamatan laut.

“Juga sekaligus untuk mendukung pelaksanaan penegakan hukum di laut khususnya di zona maritim barat,” ujarnya.

Baca Juga: Bakamla Gelar Operasi Udara Maritim, Targetnya Kapal Mencurigakan

Dermaga Bakamla itu juga ditargetkan untuk penguatan kapasitas sehingga memudahkan mobilitas dan jangkauan kapal patroli khususnya dalam penguatan keamanan di laut Natuna.

Pembangunan Dermaga ini merupakan tahap pertama yang di kemudian harinya akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Aan mengatakan pembangunan dermaga itu tak lepas dari bantuan Bappenas, Kementerian Keuangan atas dukungan dan asistensinya sehingga dapat menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Selain itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga turut berpartisipasi membangun Rusunawa yang dapat membantu percepatan pembangunan sarpras Bakamla RI yang di rencakan beroperasi pada tahun 2024.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan, di antaranya Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Irvansyah, Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin, S.A., Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak serta Kepala BP Batam Muhammad Rudi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan rangkaian acara yang meliputi sailing pass kapal patroli Bakamla bersama

Rangkaian acara meliputi Sailing Pass Kapal Patroli Bakamla RI bersama unsur dari 6 instansi lainnya, kemudian juga penanaman bibit pohon secara simbolis untuk penghijauan lahan Bakamla. (Pije)