Arus Mudik Mulai Terlihat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Humas Polri.

AlurNews.com – Arus mudik di Pulau Jawa mulai terlihat. Kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan telah terpantau oleh kepolisian. Hal itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

“Sejak Jumat (14/4/2023) sudah ada peningkatan jumlah kendaraan,” kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sabtu (15/4/2023). 

Ia mengatakan, pergerakan ini menandakan masyarakat mulai mudik sejak awal. Peningkatan atau lonjakan kendaraan tidak hanya di jalan-jalan utama saja, tapi juta arteri. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023, Ditpam BP Batam Imbau Masyarakat Tetap Waspada

“Wilayah Jawa Barat, Bandung akan terdampak. Apakah masuk Bandung atau sebaliknya,” ucapnya. 

Ia meminta, masyarakat melakukan perjalanan secara hati-hati dengan mengikuti ketentuan yang diberlakukan. Listyo juga meminta, sesama pengguna jalan harus saling menjaga untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan.

Meskipun, masyarakat mulai mudik lebih awal. Listyo mengatakan, kepolisian sudah melakukan kesiapan sedini mungkin. Berbagai hal telah dilakukan, mulai dari penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil-Genap saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

Baca Juga: Waspada Calo, Ini Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Jelang Mudik Lebaran 2023

“Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya. Sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way, contra flow  sampai rekayasa-rekayasa yang lain,” kata Listyo. 

Ia mengatakan, strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan, agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi, pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

“Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat,” tuturnya.