Mudik Lebaran, Ini Tips Aman Tinggalkan Rumah

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Roro Telagapunggur. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Mudik lebaran, banyak masyarakat meninggalkan rumahnya. Sehingga, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal, sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman. 

Sebelum mudik, pastikan rumah Anda aman dan terlindungi. Berikut adalah beberapa tips aman untuk meninggalkan rumah selama mudik lebaran:

  • Beritahu tetangga dan keluarga terdekat. Beri tahu tetangga dan keluarga terdekat bahwa Anda akan pergi dan meminta mereka untuk mengawasi rumah Anda selama Anda pergi. Berikan nomor telepon Anda dan pastikan mereka dapat menghubungi Anda jika ada keadaan darurat.
  • Matikan peralatan rumah. Pastikan untuk mematikan semua peralatan rumah seperti AC, TV, dan lampu sebelum meninggalkan rumah. Hal ini tidak hanya membantu menghemat listrik, tetapi juga mengurangi risiko kebakaran atau korsleting listrik.

Baca Juga: Arus Mudik Mulai Terlihat

  • Pasang sistem keamanan rumah. Jika Anda memiliki sistem keamanan rumah seperti CCTV atau alarm, pastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda pergi. Pastikan juga bahwa sistem tersebut terhubung ke nomor telepon atau email Anda sehingga Anda dapat menerima notifikasi jika terjadi sesuatu yang mencurigakan
  • Jangan mempublikasikan keberadaan Anda di media sosial. Hindari memposting atau membagikan informasi tentang perjalanan Anda di media sosial. Ini dapat memberitahu orang-orang bahwa rumah Anda kosong dan meningkatkan risiko pencurian atau perampokan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat meninggalkan rumah dengan lebih tenang selama mudik Lebaran dan menikmati perjalanan Anda tanpa kekhawatiran.