Usai Lebaran Kolesterol Tinggi, Begini Cara Menurunkannya

Olahraga di pagi hari.
Olahraga teratur dapat menurunkan kadar kolesterol. Foto: Pixabay.

AlurNews.com – Berbagai makanan lezat tersaji saat lebaran. Mulai dari makanan ringan hingga berat. Setiap rumah yang didatangi, tak jarang menawarkan makanan berupa rendang, bakso, soto, dan berbagai macam gulai. 

Makanan-makan tersebut, tentunya meningkat kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Sebab, kolesterol tinggi memberikan berbagai dampak buruk. 

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, AlurNews.com membagikan tips yang dirangkum dari berbagai situs kesehatan”

1. Makan makanan sehat. Konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan.

Baca Juga: Kelor si Daun Ajaib

2. Olahraga secara teratur. Olahraga aerobik seperti berjalan cepat, jogging, atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

3. Kurangi konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cobalah untuk membatasi konsumsi alkohol Anda.

4. Berhenti merokok. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Berhenti merokok dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Kurangi stress. Stres kronis dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Cobalah untuk mengurangi stres dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menurunkan kolesterol secara alami.