Rombongan Polisi Korea Selatan Kunjungi Polresta Barelang, Ini Agendanya

polisi korea selatan ke batam
Rombongan polisi Korea Selatan berkunjung ke Polresta Barelang. Foto: Humas Polresta Barelang

AlurNews.com – Sebanyak 29 orang anggota polisi dari Korea Selatan atau Korean National Police Agency berkunjung ke Markas Polresta Barelang, Rabu (10/5/2023).

Kedatangan rombongan itu disambut oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto dan sejumlah pejabat utama Polresta Barelang.

Kunjungan tersebut dalam rangka studi pihak kepolisian Korea Selatan untuk berbagi informasi mengenai pelayanan masyarakat di bidang kepolisian yang dimiliki Indonesia dan Korea Selatan.

Baca juga: Oktober, Hang Nadim Kembali Layani Penerbangan Batam-Korea Selatan

Dalam kesempatan itu Nugroho mengatakan saat ini Kota Batam dalam kondisi aman dan kondusif. Tidak ada situasi menonjol. Hal tersebut berkat kerjasama TNI dan Pemerintah Kota Batam.

“Kami beritahukan bahwa yang sering terjadi di wilayah hukum Polresta Barelang adalah masalah narkoba dan PMI ilegal, dan Polresta Barelang telah melakukan menindakan terkait masalah tersebut,” kata Nugroho.

Pemerintah Kota Batam kata Nugroho saat ini juga mulai membangun infrastruktur pelebaran jalan maupun Bandara Hang Nadim. Pembangunan itu akan dikembangkan berskala internasional sama seperti Bandara Incheon Korea Selatan. Sebelumnya Bandara Hang Nadim ini juga didibangun oleh investor dari Korea Selatan.

“Mudah-mudahan Forkopimda Kota Batam dapat studi banding ke Korea Selatan,” kata Nugroho.

Nugroho juga mengatakan Polresta Barelang siap bekerja sama dengan polisi Korea Selatan jika ada warga negara Korea Selatan yang ke Batam dan melakukan kejahatan.

“Jika ada warga Korea Selatan jahat yang melakukan pelarian menuju Batam kami bersedia bantu, dan akan bekerja sama dengan baik,” kata dia.

Nugroho mengatakan kunjungan tersebut menjadi suatu kebanggan bagi pihak Polresta Barelang dan berharap ke depannya bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Korea Selatan.

Sementara itu ketua rombongan Kepolisian Korea Selatan Superintendent Kim Min-Soo yang didampingi penerjemah mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Kapolresta Barelang. Ia berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan kesepakatan dan kerja sama antara Kepolisian Korea Selatan dan Kepolisian Batam.

“Sekali lagi kami mengucapkan salam hormat kepada Kapolresta Barelang beserta staff,” kata dia.

Dalam tanya jawab, salah seorang polisi Korea Selatan menanyakan terkait pelayanan pengaduan masyarakat di Polresta Barelang dan mengenai call center.

Nugroho pun menjelaskan bahwa pelayanan pengaduan di Batam sesuai dengan SOP, Kepolisian Indonesia juga menyediakan call center yang bahkan berlaku di seluruh Indonesia yaitu 110. (Pije)