Pemkab Natuna Akan Lelang 3 Kapal Puskesmas Keliling Perairan

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemkab Natuna akan mengadakan pelelangan kapal Puskesmas keliling perairan di 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah.

“Puskesmas keliling perairan itu akan ditempatkan di 3 lokasi yang berbeda untuk melayani kesehatan peserta BPJS Kesehatan di pulau-pulau,” ujarnya, Selasa (23/5/2023).

Ia mengatakan, puskesmas keliling perairan tersebut meliputi 1 unit kapal di Kecamtan Subi, 1 unit di Kecamatan Midai dan 1 unit di Kecamatan Pulau Tiga.

Hikmat mengatakan, anggaran untuk pengadaan ke 3 kapal tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Anggaran masing-masing kapal sebesar 2,8 miliar, Persiapan lelangnya sedang dalam proses. Insya Allah 26 Mei ini kami selesaikan kontrak perencanaannya dulu,” kata Hikmat.

Menurutnya, proses lelang harus dipercepat karena kegiatan ini didanai oleh DAK. Sementara sifat DAK tersebut memiliki batas akhir lelang.

Apabila sampai tanggal 21 Juli kegiatan tersebut juga tidak bisa dilelang, maka anggaran tersebut akan secara otomatis ditarik kembali oleh pemerintah pusat.

Hikmat juga menjelaskan, bagi peserta BPJS Kesehatan yang akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna tidak dikenakan biaya. Semuanya akan ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan.

“Biaya operasional yang berupa rujukan dan pengobatan nanti akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sedangkan yang lainnya akan dibiayai oleh Pemda sendiri,” tuturnya. (Fadli)