Pemkab Natuna Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk IKM

Pemkab Natuna gelar kegiatan fasilitasi sertifikasi halal produk IKM Kabupaten Natuna. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemkab Natuna melaksanakan kegiatan pembukaan dan pelatihan Fasilitasi Seritikasi Halal Produk Industri Kecil Menengah (IKM), Koperasi dan usaha Mikro Natuna di Aula Hotel Adiwana Jelita Sejuba, Senin (29/5/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Perindustrian, dan Perdagangan (Disperindag), Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna, Firdaus.

Persaingan pasar global disetiap daerah dapat mengembangkan potensial daerah tersebut. Apabila Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah itu memiliki jiwa wirausahawan serta dapat mempromosikan dagangan/produk yang dikelola.

Firdaus menjelaskan bahwasannya kegiatan ini memberi pelatihan kepada 125 peserta yang hadir agar memproduksi makanan yang halal dan yang dihalalkan.

“Semoga yang hadir hari ini dapat menjual produk yang halal dan yang dihalalkan. Seperti kambing halal tapi apa bila cara pemotongannya tidak mengarah kekiblat maka kambing tersebut menjadi tidak halal,” ungakp Firdaus.

“Semakin banyaknya IKM di daerah maka semakin tinggi dan semakin majunya daerah itu,” katanya.

Selanjutnya Asisten Umum Administrasi III Natuna Tasrif menyampaikan, Pemkab Natuna mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini bagi pelaku usaha di Kabupaten Natuna.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan pangsa pasar dan daya saing bisnis, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap mutu dan produk IKM di wilayah yang ada di Kabupaten Natuna.

Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, telah diubah dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dimana dalam Pasal-Pasal yang diubah ada menyisipkan Pasal yang mewajibkan pelaku usaha mikro dan kecil untuk memiliki sertifikat halal bagi produk olahannya.

“Kegiatan ini agar dapat menuntun pemberdayaan bagi pelaku usaha IKM ke arah yang lebih luas. Pemkab Natuna akan mendukung dan meningkatkan usahan kecil IKM naik kelas,” tutup Tasrif. (Fadli)