Tidur Berkualitas Jadi Kunci Sehat, Ikuti Langkahnya

Ilustrasi. Tidur nyenyak .Foto: Pexels

AlurNews.com – Tidur berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan, sayangnya hal ini sering diabaikan banyak orang. Kesibukan dan rutinitas yang penuh tekanan sering mengorbankan jadwal tidur. Sehingga tidur tidak memberikan kontribusi dalam menjaga kesehatan.

Studi terbaru yang dilakukan para ilmuan kesehatan menyebutkan kurang tidur atau tidur tidak berkualitas akan berdampak pada kesehatan fisik, kesejahteraan mental dan kinerja kognitif.

Salah satu temuannya, tidur kurang dari 7 hingga 8 jam per malam dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Aneka Minuman yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

Kurang tidur juga dapat mengganggu suasana hati, menyebabkan kelelahan mental dan kemampuan kognitif menurun. Tidur yang cukup akan berdampak pada kemampuan konsentrasi, fokus, dan pengambilan keputusan.

Bahkan tidur yang tidak berkualitas dapat meningkatkan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. Tidur yang baik membantu menjaga keseimbangan kimia otak, termasuk produksi hormon yang berperan dalam regulasi suasana hati, seperti serotonin dan dopamin.

Berikut ini langkah menjadikan tidur berkualitas yang bisa diterapkan dikutip dari berbagai sumber.

  1. Jadwal tidur

Tetapkan jadwal tidur yang teratur dan konsisten. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk saat akhir pekan.

  1. Lingkungan tempat tidur

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang. Pastikan ruangan tidur Anda gelap, sejuk, dan bebas dari gangguan suara.

  1. Hindari stimulan

Hindari stimulan seperti kafein dan makanan berat menjelang tidur. Kafein dapat mempengaruhi tidur Anda bahkan berjam-jam setelah dikonsumsi.

  1. Perangkat elektronik

Batasi penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk tidur.

  1. Relaksasi

Lakukan rutinitas relaksasi sebelum tidur, seperti mandi hangat, meditasi, atau membaca buku. (Pije)