Ardiwinata: Lomba Dayung Sampan dan Perahu Ketinting Jaga Kearifan Lokal

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mendukung perlombaan yang diadakan Ditpolair Polda Kepri di Tanjung Riau.

Hal itu disampaikan Kadis Disbudpar Kota Batam Ardiwinata saat menghadiri dan menyaksikan langsung lomba yang diadakan dal rangka menyambut hari HUT Bhayangkara ke 77 tahun.

“Ini merupakan kearifan lokal yang perlu mendapat perhatian untuk membangun pengetahuan kepada generasi muda,” ujarnya, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: Ditpolairud Polda Kepri Gelar Lomba Dayung Sampan dan Ketinting

Kegiatan ini juga termasuk sebagai atraksi budaya kelautan dengan mendukung alam sekitar perairan.

“Perahu ketinting juga sebagai sarana transportasi tradisional yang wajib dilestarikan. Dari sisi pariwisata sangat menarik pada pengunjung dengan dukungan pemerintah akan terlihat lebih profesional ke depan,” tuturnya.

Menurutnya setiap kegiatan akan didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebidayaan untuk mengahdirkan produk UMKM produksi setempat, serta akan didukung oleh organisasi olahraga masyarakat (Kormi) supaya perlombaan ini berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Sehingga nantinya dapat berlomba secara profesional untuk mengikuti even yang di adakan oleh Pemda atau Pemprov lainnya,” terangnya.

Batam sebagai pelopor perlombaan ini, akan dikemas semenarik mungkin untuk menggaet wisatawan lokal dan mancanegara. Supaya masyarakat dapat mendapat manfaat dengan adanya perlombaan olah raga masyarakat di Kepulauan Riau. (Nando)