Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia

Untung Wahyudi, lulusan UIN Sunan Ampel, Surabaya. (Foto: istimewa)

Oleh: Untung Wahyudi

Setiap kebijakan pemerintah biasanya menimbulkan pro dan kontra. Tak sedikit orang yang mencibir karena tidak setuju dengan beberapa program yang digulirkan karena dianggap tidak relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Padahal, sejumlah program yang dicanangkan membutuhkan proses dan dukungan banyak pihak agar program-program tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Merdeka Belajar adalah program yang selalu digulirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sejak awal digulirkan program Merdeka Belajar sudah berjalan sebanyak 24 episode. Dari sekian banyak episode tersebut, ada beberapa program yang menjadi “unggulan” karena berhasil diterapkan dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Di antaranya adalah pelaksanaan belajar jarak jauh, yang mau tidak mau harus dilaksanakan untuk menekan angka penyebaran virus Corona yang pernah menggemparkan dunia. Selain itu, optimalisasi penggunaan data internet untuk kepentingan belajar daring juga bisa dibilang berhasil, meskipun pelaksanaannya masih belum merata.

Guru Penggerak adalah program Merdeka Belajar episode 5 yang sempat menyita perhatian para guru di Tanah Air. Program ini menarik untuk diikuti karena melibatkan guru untuk bergabung dalam kegiatan pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang siswa dalam menerima pelajaran. Guru yang tertarik mengikuti program ini dipersilakan untuk mengikuti seleksi sehingga nanti bisa terpilih menjadi guru penggerak.

Sebenarnya apa itu Guru Penggerak? Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik. Guru Penggerak aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Keberadaan Guru Penggerak juga diharapkan mampu membuat guru bisa lebih aktif dan membentuk siswa menjadi pelajar yang berkarakter sesuai dengan jiwa pancasila. Siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga bisa mengimplementasikan kemampuannya dalam kehidupan sehari-hari. Program ini begitu bermanfaat karena siswa bisa langsung merasakan bimbingan dan didikan dari para guru penggerak. Selain itu, para guru penggerak juga bisa menularkan kegiatan positifnya kepada guru-guru lainnya.

Guru Penggerak vs Sekolah Penggerak
Guru adalah profesi mulia yang tidak semua orang bisa menjalaninya. Diperlukan keterampilan khusus untuk menjadi seorang guru atau pendidik yang bisa mendidik siswa dengan baik. Karena itu, dibutuhkan proses panjang untuk menjadi seorang guru. Dari masa pendidikan yang tidak sebentar, hingga berbagai program pelatihan untuk bisa menjadi guru profesional.