Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia

Karena itu, guru penggerak adalah program yang melibatkan para guru profesional yang bisa menjadi pendidik yang baik dan mampu membentuk siswa menjadi pelajar berkarakter sehingga kelak siap menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Program Guru Penggerak berkaitan erat dengan program Sekolah Penggerak yang juga pernah dicanangkan Kemendikbudristek. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan, program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter, diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul (Kepala Sekolah dan Guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Dalam tulisannya Nasib Guru Penggerak non PNS, Nuryaningsih (2021) menyatakan, Guru Penggerak akan mendapatkan pengalaman mengajar yang seru dan menyenangkan karena terlibat langsung dalam kegiatan siswa. Dikutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependididikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek, selama mengikuti proses pendidikan, peserta yang lolos seleksi Program Guru Penggerak akan mendapatkan hingga sembilan bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama.

Selain itu, Guru Penggerak akan meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain juga didapatkan sehingga, mereka bisa saling berbagi informasi berkaitan dengan metode pembelajaran.

Program yang merupakan episode ke-5 dan 7 Merdeka Belajar ini, benar-benar bisa dirasakan manfaatnya jika guru yang terpilih sebagai Guru Penggerak mampu mengoptimalkan kinerjanya dalam mendidik siswa. Selain itu, output dari Program Guru Penggerak adalah menghasilkan pemimpin pembelajaran yang mampu menerapkan konsep merdeka belajar dan juga menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan demi mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.