Pembangunan Dermaga Pulau Ngenang Ditargetkan Mulai Agustus

Dermaga Pulau Ngenang. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Pembangunan dermaga atau ponton di Pulau Ngenang, Batam, Kepuluan Riau ditargetkan dibangun pada Agustus mendatang, kini proses lelang bagi proyek tersebut tengah digesa oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Salim menerangkan dengan proses pembangunan pada Agustus mendatang. Pihaknya juga menargetkan akan menyelesaikan pekerjaan di bulan Oktober 2023.

“Mudah-mudahan lancar, jadi pembangunan bisa dilakukan bulan Agustus. Dan, Oktober sudah bisa digunakan,” paparnya melalui sambungan telepon, Senin (3/7/2023)

Setelah proses lelang, nantinya akan ada penunjukan pemenang kemudian berlanjut ke proses kontrak. Dengan penggunaan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar.

“Setelah proses kontrak, kami akan melakukan rapat awal dan melibatkan pihak Kejari Batam, sebagai pendamping,” terang Salim.

Ia mengaku, selama ini Ponton di Pulau Ngenang sudah tidak efektif. Apalagi pada saat air laut sedang pasang kondisi ponton dalam keadaan miring. Karena, dermaga di Pulau Ngenang kerap digunakan warga sebagai sarana transportasi antar pulau. Selain itu, dijadikan juga sebagai bongkar muat bahan pangan komoditas warga pulau.

“Jadi wajar kalau miring, karena ponton ini digunakan warga ke pulau-pulau. Bahkan bongkar muat barang-barang kebutuhan pokok warga,” jelas mantan Kepala Diskominfo Kota Batam itu.

Dalam perencanaan, ponton di Pulau Ngenang, akan sama dengan Pelabuhan di Sekupang- Belakangpadang dan sebaliknya, menggunakan bahan HIGH-Density Polyethylene (HDPe) yang lebih dikenal dengan bahan plastik dan lantainya terbuat dari kayu.

“Insya Allah lebih tahan air dan tahan karat sehingga lebih awet. Pontonnya lebih kecil dari Pelabuhan Sekupang-Belakangpadang. Bahan yang digunakan juga ramah lingkungan,” pungkasnya. (Nando)