Kenduri Otomotif IMI Kepri, Ajang Penyatuan Kekuatan Mesin dan Seni

Ketua Umum IMI Pusat, Bambang Soesatyo bersama pengurus IMI Kepri dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Mengangkat konsep penyatuan kekuatan mesin dalam dunia otomotif, dengan kesenian. Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Kepri, resmi menggelar Kenduri Otomotif pertama di Indonesia yang digelar selama dua hari, sejak Sabtu (15/7/2023) dan Minggu (16/7/2023).

Ketua IMI Kepri, Rizki Faisal menuturkan kegiatan kolaborasi seni dan dunia otomotif ini, juga dimaksudkan guna mencari talenta baru di ajang drag race untuk kategori mobil dan motor.

Untuk itu, pada kesempatan ini Kenduri Otomotif yang dilaksanakan di Tumenggung Abdul Jamal, Batam, Kepulauan Riau ini. Juga diikuti oleh lima pembalap Kepri, yang berprestasi di Kejurnas Drag Race.

“Dari sisi otomotifnya, kegiatan ini sekaligus ajang mencari talenta baru untuk dunia balap Indonesia,” terangnya, Minggu (16/7/2023).

Sementara itu, dari sisi kesenian yang dihadirkan, Rifki menuturkan para penggiat otomotif di Kepri juga dimanjakan dengan berbagai kerajinan yang dibawa oleh para penggiat seni di Kepri.

Para penggiat seni ini, kemudian diberikan spot khusus guna menampilkan berbagai barang kerajinan, yang bertemakan otomotif maupun tidak.

“Senada dengan menggairahkan dunia otomotif di Kepri. Kami juga mengandeng para seniman yang memiliki UMKM. Disini mereka banyak menampilkan kerajinan yang sangat menarik,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Rizky juga berharap sirkuit Internasional yang akan dibangun di Kabupaten Bintan, dan Kecamatan Bengkong agar dapat segera terealisasi.

“Kami juga berharap pembangunan sirkuit dapat semakin digesa, dengan pemberian semacam subsidi dari Pemerintah atau swasta, dan membuat akademi otomotif dan beasiswa berprestasi di bidang otomotif,” ungkap Rizky.

Terpisah, Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo menegaskan pihaknya sangat mengapresiasi ide baru yang dihadirkan oleh para pengurus IMI Kepri. Terutama dalam menggabungkan kesenian dengan dunia otomotif.

Menurutnya, hal ini adalah suatu ide yang sangat langka, serta dapat diikuti oleh para pengurus IMI Provinsi lainnya.

“Saya dengan senang hati menyambut Kenduri Otomotif Kepri ini, dan kita seharusnya mengadakan lebih banyak event serupa di masa depan,” tegasnya.

Bamsoet, yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI, turut mendorong IMI Kepri untuk terus mengembangkan Kenduri Otomotif Kepri di masa depan.

“Kenduri Otomotif ini harus diadakan di Kepri. Seperti yang dicanangkan pak Presiden Joko Widodo. Dimana Indonesia saat ini telah ada berbagai event sekala internasional, seperti motor GP ada di Mandalika Formula E ada di Jakarta dan sebentar lagi F1 akan ada di Kabupaten Bintan,” ujarnya. (Nando)