Kejati Kepri Gelar Donor Darah Sambut Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT IAD

kejati kepri donor darah
Kegiatan donor darah yang diadakan Kejati Kepri dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-63. Foto: Dok. Kejati Kepri.

AlurNews.com – Kejaksaaan Tinggi Kepri menggelar donor darah dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII tahun 2023. Kegiatan diadakan di Aula Sasana Baharudhin Lopa Kabntor Kejati Kepri, Senin (17/7/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau. Donor darah diikuti oleh 40 orang, termasuk di antaranya Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Rudi Margono, Wakajati, para pegawai, tenaga honorer, Kejari Tanjungpinang, Kejari Bintan, anggota Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) serta beberapa pegawai Bea Cukai.

Kajari Kepri Rudi Margono mengatakan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII Tahun 2023 dapat dimaknai kegiatan donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau yang secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah dan memberikan sumbangan kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Riau.

Baca Juga: Sambut Hari Adhyaksa ke-63, Kejati Kepri Gelar Pekan Olahraga

“Kegiatan ini dinilai baik serta menyehatkan, selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat karena dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh seperti dapat mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan membantu meningkatkan produksi darah merah,” ujarnya.

Namun sebelum melakukan donor darah, calon pendonor diwajibkan mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan.

Sebelum melakukan donor darah juga harus dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor.

“Ini merupakan wujud semangat Insan Adhyaksa dalam Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII Tahun 2023. Momen yang sangat baik dan bermanfaat untuk kita ikuti dalam membantu saudara kita yang membutuhkan,” kata Rudi.

Ia berharap dengan adanya kegiatan donor darah ini seluruh pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau akan lebih peduli akan kesehatan, peduli dengan sesama dan bersemangat untuk menjadi Insan Adhyaksa yang prima. (red)