SDN 006 Cemaga Selatan Natuna Mulai Ajaran Tahun 2023/2024 Tanpa Siswa Baru

Suasana belajar mengajar di SDN 006 Cemaga Selatan Natuna. Foto: AlurNews.com/Fadli

AlurNews.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Cemaga Selatan di Kabupaten Natuna memulai ajaran 2023/2024 tanpa siswa baru. Hal itu dikarenakan minimnya anak usia 6-7 tahun di wilayah tersebut.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 006 Cemaga Selatan Ismail, mengatakan selain tidak memiliki siswa pada ajaran baru ini. Jumlah siswa yang ada sekarang tidak terlalu banyak.

“Selain tidak ada siswa, setiap kelasnya hanya diisi 2 hingga 5 siswa aja di tiap kelasnya,” kata Kepsek SDN 006 Ismail, selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Seluruh Fraksi di DPRD Natuna Setujui Sejumlah Ranperda Menjadi Perda

Usai tidak ada pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) beberapa waktu yang lalu. Ismail, mengaku telah berupaya semaksimal mungkin agar kelas satu diisi siswa baru.

Ia mulai menawarkan kepada orang tua yang anaknya mendekati usai sekolah, hingga mengajak anak di luar wilayah untuk mendaftar ke sekolahnya.

“Ada anak tapi usiannya 6 tahun kurang 3 atau 5 bulan, kami hubungi dan kami datangi orang tuanya, tapi mereka tidak mau, dengan alasan karena anaknya masih kecil,” ujarnya

Ismail juga menjelaskan di usia anak segitu boleh mendaftar asalkan ada surat rekomendasi dari psikolog.

“Apabila orang tua calon siswa tersebut tidak mau keluar biaya untuk surat rekomendasi psikolog, saya dan rekan-rekan guru yang lain siap membiyainya agar sekolah kami ini memiliki siswa didik baru,” tegasnya.

Kendati demikian, kondisi tersebut tidak menurunkan semangat para pengajar tenaga pendidik di sini.

“Walau demikian kami tetap semangat dan terus memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa kami,” ujarnya. (Fadli)