Dinas Pemadam Kebakaran Berikan Bantuan Dua Pompa Portabel Guna Padamkan Api

Puing sisa kebakaran rumah di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Rabu (19/7/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, mengerahkan 20 personil dan dua pompa air portabel guna melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di Pulau Buluh, Rabu (19/7/2023) pagi.

Walau demikian, Kepala Dinas Kebakaran Kota Batam, Azman juga menuturkan apresiasinya kepada masyarakat yang turut membantu

mengungkapkan, api akhirnya bisa dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB. Pada kejadian tersebut, pihaknya menurunkan dua pompa portabel dan 20 personel gabungan dengan BP Batam.

“Tapi sebelum itu masyarakat sudah duluan membantu. Alhamdulillah selesai sampai pendinginan. Saya apresiasi ketanggapan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi di Pulau Buluh menghanguskan 9 unit rumah yang dihuni 13 Kepala Keluarga dan total korban jiwa mencapai 33 orang.

“32 orang dinyatakan selamat, dan satu dinyatakan meninggal dunia,” paparnya.

Pihaknya juga menuturkan, proses pemadaman berhasil dilakukan dua jam paska kejadian. Dimana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, memberikan bantuan pompa dan bantuan personil petugas ke lokasi.

Tidak hanya itu, proses pemadaman api juga dibantu empat unit kapal yakni Ahts avatar, Kendrik 1, TB. Wijaya Trans 02, kapal Tugboat,dan kapal supply air yang membantu pemadaman api.

“Saat ini sudah selesai proses pendinginan, dan rumah tengah diberi garis polisi,” jelasnya.

Azman menambahkan, saat ini pihak Kepolisian masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

“Untuk penyebab kebakaran masih diselidiki pihak Kepolisian,” terangnya. (Nando)