IBA Hadirkan Investor Dukung Acara APKASI Otonomi Expo

apkasi otonomi expo
APKASI Otonomi Expo (AOE) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Kamis (20/7/2023). Foto: Dok. APKASI

AlurNews.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia atau APKASI menggelar APKASI Otonomi Expo (AOE) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Kegiatan promisi ini digelar selama dua hari yakni tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.

Acara AOE kali ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dihadiri juga oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua KPK Firli Bahuri, serta perwakilan dari masing-masing Kedutaan Besar Negara Asing serta Pemimpin atau Perwakilan Kabupaten- Kabupaten dari berbagai penjuru Indonesia.

Acara ini akan menjadi platform bagi para investor untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan peluang investasi di berbagai sektor, termasuk pertanian, infrastruktur, energi, pertambangan, pariwisata, dan industri kreatif.

Baca Juga: Perusahaan Semikonduktor dari Amerika Tertarik Investasi di Batam

Mengikuti kesuksesan kerja sama dan kemitraan yang terjalin pada acara PPIT bulan Juni lalu yang terselenggara di Batam, International Business Association sekali lagi menghadirkan investor berpotensial yang terpilih untuk berpartisipasi dalam acara APKASI ini.

Ketua Umum IBA Shan Shan menyebut, tujuan dari kegiatan untuk meningkatkan daya saing daerah dalam merebut pasar global.

“Para peserta expo terdiri dari pemerintah kabupaten, pemerintah kota, provinsi, BUMN, BUMD, UMKM, serta perusahaan swasta memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan investor berpotensial,” kata Shan Shan dalam siaran pers, Kamis (20/7/2023).

Menurut dia, seiring dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang sedang berkembang pesat, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan bersaing setiap bidang di daerah dalam kompetisi pasar internasional.

Investor yang dihadirkan oleh IBA kali ini adalah para ahli dan pemilik modal di bidang infrastruktur, pertambangan, pariwisata, pelestarian lingkungan dan industri perakitan mobil listrik.

“Investor pertambangan dari China juga turut hadir dalam acara ini,” imbuhnya.

Kunjungan para investor kali ini bermaksud melakukan survei pasar di Indonesia untuk kepentingan potensi investasi di masa depan dan proyek yang telah dilaksanakan sebelumnya seperti rencana pembangunan smelter oleh investor China dan rencana pembangunan industri otomotif kolaborasi Indonesia dengan negara Singapore dan Korea.

Puas terhadap komitmen yang telah diberikan IBA, David Yang Direktur PT SG Sustainability sebelumnya menandatangani MOU dengan IBA juga telah menanamkan modal dalam proyek pembangunan yang berkelanjutan.

Para investor akan berkunjung kembali ke Batam dan Bintan juga setelah menghadiri acara Expo kali ini.

“Kami berkomitmen untuk gencar mempromosikan proyek investasi di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi,” katanya. (Nando)