Terkait Usulan Provinsi Natuna-Anambas, Begini Kata Mendagri

Mendagri Tito Karnavian usai mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Natuna, Kamis (17/8/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sudah menerima 314 usulan dari daerah-daerah termasuk daerah Natuna dan Anambas yang akan berkembang menjadi sebuah provinsi, Kamis (17/8/2022).

Provinsi Kepri merupakan simbol untuk Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan. Natuna merupakan wilayah yang sangat strategis dalam poin lalu lintas laut.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian menjelaskan, bahwasannya Presiden Jokowi sudah mengembangkan program semenjak menjabat dari tahun 2014 untuk pengembangan Indonesia dari pinggiran.

“Banyak program-program untuk daerah perbatasan, Natuna memiliki choke point yang penting karena daerah ini sangat dekat dengan Selat Malaka yang bisa membawa kemajuan regional, nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Natuna harus dimantapkan menjadi bagian yang integral dari bangsa ini, untuk kedepannya ekonomi yang berkembang di Natuna akan memperkuat sistem pertahanan.

“Kita berharap Natuna segera menjadi provinsi agar masyarakatnya lebih bersemangat, tapi pemekaran sangat tergantung dari keuangan negara. Keuangan kita baru saja pulih akibat dampak Covid-19, bukan negara kita saja tapi seluruh negara,” jelasnya.

“Kita tidak pernah menduga dan dunia pun juga begitu, selama 2 tahun kita mengalami tekanan keuangan dikarenakan Covid kemarin. Akibatnya sebagian motorium pemekaran daerah provinsi tertunda dan hanya daerah yang diprioritaskan saja yang akan dikembangkan termasuk Natuna yang sangat-sangat diprioritaskan,” kata Tito. (Fadli)