Begini Cara Cek Nama Bacaleg Batam, Warga Diminta Beri Tanggapan

cek nama bacaleg batam
KPU Batam mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Bacaleg Batam, Sabtu (19/8/2023). Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Warga Batam kini bisa cek nama bakal calon legislatif (bacaleg) Kota Batam melalui website Komisi Pemilihan Umum (KPU). Masyarakat juga dipersilakan menyampaikan tanggapan.

KPU Batam telah mengumumkan bacaleg DPRD Kota Batam yang telah lolos dan masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS), Sabtu (19/8/2023). Ketua KPU Batam Mawardi mengatakan jumlahnya ada 733 orang.

“Bagi masyarakat Kota Batam, yang ingin mengetahui siapa saja para calon anggota DPRD yang akan mengikuti Pemilu 2024 mendatang. Disarankan dapat melihat melalui website infopemilu.kpu.go.id milik KPU RI,” ujarnya.

Baca Juga: 733 Bacaleg Batam Lolos Administrasi

Terpisah Anggota KPU Batam Aksara P Manurung menambahkan, melalui halaman website yang sama masyarakat Kota Batam dapat menyampaikan tanggapan terhadap seluruh Bacaleg yang telah lolos tahapan verifikasi dan klarifikasi.

Tanggapan dari masyarakat ini, merupakan salah satu tahapan lanjutan sebelum nantinya pihak KPU menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilu 2024 mendatang.

“Masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap para Bacaleg dalam DCS tersebut terkait dengan persyaratan dokumen administrasi pencalonan,” lanjutnya.

Jika terdapat masukan dan tanggapan masyarakat, KPU Kota Batam akan meneruskan ke partai politik untuk klarifikasi.

Terkait jumlah Bacaleg yang lolos dalam DCS, Anggara juga menjelaskan hal ini berdasarkan verifikasi dari humlah berkas awal yang diterima oleh KPU sebanyak 819 Bacaleg.

Kemudian terdapat 733 orang yang Memenuhi Syarat (MS) berasal dari 17 partai politik (Parpol) di Batam. Bacaleg yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dikarenakan permasalahan berkas seperti ijazah yang tidak terlegalisir, dan tidak dilengkapi surat keterangan pendukung lain.

“Setelah melalui proses pendaftaran sejak Mei 2023, KPU Kota Batam menetapkan 733 bacaleg. Terdiri dari 466 laki-laki dan 267 perempuan,” tuturnya. (Nando)