Ini 5 Tips Menghemat Memori Android agar HP Tak Lemot?

HP Android. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – HP Android sering berat dan lemot karena sering digunakan. Namun ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk menghemat memori HP.

Memori Android penuh menjadi salah satu faktor yang membuat perangkat berjalan lebih lambat. Tapi dengan menghemat memori setidaknya akan membuat performa HP tetap prima seperti baru.

Lantas bagaimana cara menghemat memori HP Android kamu? Berikut rangkuman yang dilansir dari Okezonenews.

  1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Sadar atau tidak, banyak aplikasi bawaan Android yang mungkin jarang digunakan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk menghapus aplikasi tersebut dari HP kamu.

Untuk mengecek aplikasi mana yang jarang digunakan kamu bisa memiliki menu ‘Settings’. Kemudian pilih ‘Unused Apps’ di mana kamu akan melihat daftar aplikasi yang jarang dibuka dalam tiga bulan terakhir.

  1. Hapus foto yang sudah di-backup

Google Photos punya fitur otomatis untuk mem-backup foto atau video di perangkat Android. Sayangnya, saat sudah di-backup, Google tidak akan otomatis menghapus foto atau video dari HP.

Namun fitur tersebut dapat kamu ubah, loh. Cukup buka ‘Google Photos’, kemudian ketuk ‘Profile Picture’ kemudian pilih ‘Free up space’. Nantinya Google Photos akan secara otomatis menghapus foto atau video yang telah di-backup.

  1. Tambah MicroSD

Jika memori internal hp kamu terbatas, kamu bisa mendapatkan memori eksternal dengan memasangkan kartu microSD. Nantinya memori tambahan ini bisa menampung file foto dan video, sehingg tidak memakan kinerja memori untuk mendownload aplikasi di HP.

  1. Hapus file berukuran besar

Selain aplikasi yang jarang dibuka, kamu juga bisa menghapus file berukuran besar yang ada di HP, terutama untuk file yang tidak terlalu penting.

Ada banyak aplikasi tambahan yang bisa dipakai untuk membersihkan file di HP Android, namun kamu tetap bisa melakukannya secara mandiri dengan membuka ‘File Manager’. Nantinya akan ada file yang bisa kamu pilih sesuai ukuran untuk dihapus.

5.Pakai Google Cloud Storage

Google Cloud Storage (GCS) merupakan ruang penyimpanan online yang bisa menampung berbagai macam file di HP Android, karena kapasitasnya sangat besar.

Kelebihan GCS ini sangat mudah diakses, sebab fitur arsip di dalamnya sederhana. Kamu dapat memindahkan file penting lainnya ke GCS supaya tidak memakan kapasitas memori lain. (ib)