Bijuli Prasad, Gajah Tertua di Dunia Mati di Usia 89 Tahun

Ilustrasi gajah tua. (Foto: Pixabau)

AlurNews.com – Salah satu gajah tertua di dunia dilaporkan meninggal dunia di perkebunan teh India pada usia yang diperkirakan mencapai 89 tahun pada Selasa (22/8/2023) kemarin..

Melansir AFP, meskipun usia pastinya tidak dapat dipastikan, penjaga kebun binatang menduga bahwa gajah tersebut mungkin dibawa ke India pada masa pemerintahan kolonial oleh seorang petani Inggris pada tahun 1940-an. Gajah ini dikenal dengan nama ‘Bijuli Prasad’ dan telah bekerja di perkebunan teh di distrik Sonitpur, Assam, India timur, hingga tahun 2018.

Menurut dokter hewan Kushal Konwar Sarma, gajah peliharaan dapat hidup hingga 80 tahun jika dirawat dengan baik. Sarma mengungkapkan, “Gigi gajah tersebut sudah dicabut semua karena sudah tua dan tidak bisa makan, sehingga saya mengubah pola makannya dan meminta kepada penjaga untuk memberikan makanan yang direbus seperti nasi dan kedelai yang bernilai protein tinggi.”

Bijuli dikenal karena kekuatannya; ia pernah mencabut semak-semak teh tua dengan mudah dan melawan penyerang yang mencoba mengambil gadingnya yang panjang, seperti yang dilaporkan oleh The Times of India.

Setelah pensiun, Bijuli dipindahkan ke Perkebunan Teh Behali di Assam, tempat ia dikabarkan meninggal kemarin. Ia diberikan pemakaman dengan ritual Hindu yang dilakukan oleh seorang biksu sebelum dikuburkan.

Wakil manajer Behali, Ujjal Basnet, menyatakan bahwa gajah tersebut adalah kebanggaan perusahaan. Basnet menjelaskan, “Kami menunjuk seorang biksu untuk melakukan upacara keagamaan terhadap gajah yang dianggap salah satu hewan suci oleh umat Hindu ini, selain menugaskan dua ‘mahout’ atau penjaga gajah untuk menjaganya, meskipun sudah lama pensiun.”

Meskipun data tentang usia gajah liar Asia masih terbatas, Smithsonian Institute for Conservation Biology berbasis di AS menyatakan bahwa gajah-gajah ini biasanya hidup hingga usia pertengahan 50-an. Gajah tertua yang pernah tercatat adalah ‘Lin Wang’, yang meninggal pada usia 86 tahun di Kebun Binatang Taipei pada tahun 2003, menurut Guinness World Records.

Gajah-gajah seperti Bijuli Prasad merupakan bagian penting dari sejarah dan budaya India, dan kisahnya akan tetap dikenang dalam legenda mereka. (red)