Mengenal Tiga Calon Presiden Singapura

Ilustrasi bendera Singapura. (Foto: ist)

AlurNews.com – Tiga orang lolos menjadi calon dalam proses pencalonan menuju pemilihan presiden Singapura. Proses pencalonan digelar pada Selasa (22/8/2023) kemarin.

Mengutip media Malaysia, Harian Metro, mereka yang dinyatakan lolos adalah mantan Group Chief Investment Officer GIC Pte Ltd Ng Kok Song, mantan Chief Executive Officer NTUC Income Insurance Co-operative Ltd Tan Kin Lian dan mantan Menteri Senior Tharman Shanmugaratnam.

Hasilnya diumumkan oleh Pejabat Pemilihan Umum Tan Meng Dui di pusat pencalonan di Markas Besar Asosiasi Rakyat (PA) di King George’s Avenue.

Pemilihan Presiden Singapura ditetapkan pada 1 September 2023.

Usai pengumuman, masing-masing kandidat diberi waktu dua menit untuk mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya yang telah berkumpul sejak pukul 10.00.

Menurut Ng, ia mencalonkan diri sebagai Presiden untuk melindungi tiga kekayaan Singapura, termasuk administrasi publik yang baik.

“Saya telah bekerja selama 45 tahun di bidang pelayanan publik. Saya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjunjung tinggi integritas jabatan pelayanan publik,” ujarnya.

Bagi Shanmugaratnam, ia menginginkan “kompetisi yang adil, bermartabat, dan terhormat yang berfokus pada apa yang dapat kami tawarkan kepada warga Singapura dan masa depan kami.”

“Kami khawatir dengan masa depan yang berbeda, lebih sulit dan menantang. Saya berlomba-lomba menawarkan pengalaman dan kemampuan saya di bidang tersebut selama beberapa dekade di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Sementara itu, kata Tan, ia ingin memberikan kesempatan kepada warga Singapura untuk memilih presiden yang “sepenuhnya independen dari pemerintahan yang berkuasa.” (red)