Puluhan Jenderal Purnawirawan TNI-Polri Ramai-ramai Maju Caleg DPR RI

Mayor Jenderal (Purn) Sturman Panjaitan dan Inspektur Jenderal (Purn) Yotje Mende. (Foto kolase/istimewa)

AlurNews.com – Puluhan purnawirawan jenderal baik TNI maupun Polri ramai-ramai ikut daftar menjadi bakal caleg untuk Pemilu 2024.

Para purnawirawan jenderal baik TNI maupun Polri ini, ada merupakan wajah lama dan baru pertama kali ikut dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan ini.

Berdasarkan penelusuran Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah dikeluarkan KPU, ada sejumlah nama pensiunan jenderal dari bintang satu hingga bintang tiga yang terdaftar. Di antara mereka ada yang sudah ikut pemilu sebelumnya alias politikus lama, ada pula yang baru ingin mencoba peruntungan di Pileg 2024.

Pada Pemilu 2024 ini, tercatat puluhan purnawirawan TNI dan Polri bertarung untuk mendapatkan kursi legislatif tingkat DPR di Senayan, Jakarta.

Khusus di daerah pemilihan (dapil) Kepri, ada dua purnawirawan yang ikut bertarung. Mereka berasal dari pensiunan TNI dan Polri.

Mayor Jenderal (Purn) Sturman Panjaitan untuk periode kedua maju caleg DPR RI. Ia merupakan petahana yang saat ini duduk di Senayan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sedangkan satu nama lainnya, Inspektur Jenderal (Purn) Yotje Mende. Pensiunan jenderal bintang dua ini merupakan mantan Kapolda Kepri dan maju caleg DPR RI dari Partai Hanura.