Pesantren di Galang Rusak Parah, Kapolsek Beberkan Penyebabnya

pesantren di galang
Kapolsek Galang Iptu Alex Yusral mengecek pesantren di Galang yang rusak parah. Foto: Humas Polresta Barelang

AlurNews.com – Pondok Pesantren Bukit Bismillah di Pulau Rempang rusak parah. Atap-atap berjatuhan, meja-meja berserakan dan kabel-kabel terbakar. Sempat beredar isu, pesantren tersebut dirusak orang tak dikenal (OTK).

Kapolsek Galang Iptu Alex Yasral mengatakan memberikan klarifikasi terkait isu tersebut. Alex mengatakan pihaknya langsung mengecek ke lokasi.

“Dan diketahui pesantren itu sudah lama tidak berpenghuni dan diduga adanya pencurian kabel terhadap gedung Pondok Pesantren Bukit Bismillah Pulau Rempang, Galang, Batam,” ujarnya, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: Unjuk Rasa Warga Rempang-Galang Sempat Memanas, Dandim Batam Terkena Lemparan

Ia memastikan pesantren tersebut rusak bukan karena dihancurkan orang tak dikenal, namun dibobol maling untuk mengambil sejumlah barang-barang yang ada di pesantren tersebut.

Hasil pengecekan di lokasi kejadian, pelaku mengambil kabel listrik, stop kontak, meteran listrik. Selain itu ada juga bekas kabel yang di bakar dan plafon tempat penyimpanan kabel juga di bobol.

“Plafon bangunan tersebut rusak diduga karena pelaku ingin mengambil kabel jaringan listrik bangunan tersebut,” kata dia.

Menurut Alex, jika memang sengaja dirusak oleh orang tidak dikenal, tentunya bangunan dan kaca-kaca jendela sudah pecah. Namun sejauh ini, bangunan masih utuh.

“Saya mengimbau masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Galang Kota Batam, untuk tidak mudah percaya pada berita yang belum diketahui kebenarannya atau terhadap berita hoaks,” kata Alex. (Pije)