JMSI Gandeng Polda Kepri Sosialisasi Bijak Bermedsos kepada Pelajar

sosialisasi bijak bermedsos
JMSI Kepri menggandeng Polda Kepri untuk sosialisasi bijak bermedsos di SMAN 26 Batam. Foto: Dok. JMSI Kepri

AlurNews.com – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri menggandeng Polda Kepri mengadakan sosialisasi bijak bermedsos (media sosial) kepada para pelajar, di SMAN 26 Batam, Sabtu (2/9/2023).

Kegiatan itu dihadiri para siswa, guru dan Kepala Sekolah SMAN 26 Batam. Ketua JMSI Kepri Eddy Supriatna juga hadir demikian pula pihak Polda Kepri yang diwakili Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Eddy mengatakan kegiatan yang diadakan JMSI ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa dalam menggunakan media sosial. Sebab sejauh ini penggunaan medsos di kalangan remaja semakin mengkhawatirkan dan keblablasan.

Baca Juga: Eddy Supriatna: Pembenahan JMSI Sumut Sudah Tepat dan Bijaksana, Chairum Cs Hentikan Upaya Merusak

“Banyak sisi negatif ketimbang positifnya,” ujarnya.

Untuk itu siswa perlu diberi pemahaman untuk bijak mengunakan medsos. Selain itu medsos juga bisa dijadikan wadah bagi para pelajar yang bisa menghasilkan karya yang membanggakan

Kegiatan selama 1 jam tersebut, disambut antusias peserta didik. Selain pemaparan terkait media digital, juga diperkenalkan juga ‘polisi super app’. Sebuah layanan untuk memudahan masyarakat mendapatkan informasi mengenai lokasi aman dan tidak aman yang bisa di unduh di play store.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar media digital.

“Tujuannya memberikan edukasi agar remaja mengunakan medsos ini dengan bijak pada hal-hal bermanfaat,” ujar Eddy.

Ia mengatakan kegiatan ini juga berkaitan dengan kegiatan yang selama ini diadakan JMSI di sekolah, yaitu ‘Ayo Menulis’. Berbekal kegiatan tersebut di SMAN 26 Batam saat ini telah ada ekstrakurikuler jurnalistik yang dimentori anggota JMSI.

“Program ‘Ayo Menulis’ ini sebenarnya sejalan dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan juga Kurikulum Merdeka terkait penilaian literasi dan Numerasi,” kata Eddy.

Sementara Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, usai sosialisasi mengatakan kehadirannya di sekolah tentu harus banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, khusnya di kalangan milinial.

Apalagi di era digital ini, masih banyak informasi yang berlum diketahui peserta didik. Salah satunya pemahaman mengenai bijak mengunakan informasi digital/medsos ini.

“Tadi peserta didik antusias sekali, kami dari Polda Kepri berterima kasih kepada JMSI Kepri dan sekolah telah mengundang untuk bersosialisasi terkait bijak mengunakan medsos atau media digital di kalangan milinial ini,” kata Pandra.

Di tempat yang sama Kepala SMAN 26 Batam, Midiyanto juga mengucapkan terima kasih kepada Kabid Humas Polda yang bersedia datang ke sekolahnya memberikan edukasi kepada siswanya untuk bijak menggunakan media digital.

“Kami berterimasih kepada JMSI Kepri yang telah memfasilitasi mengundang Polda Kepri untuk memberikan edukasi terkait bijak menggunakan medsos dan media digital kepada peserta didik,” ujarnya. (red)