Hapus Pertalite Mulai Tahun Depan, Pertamina Hanya Jual 3 Produk BBM Ini

pertamax
Karyawan salah satu SPBU di Batam mengisi Pertamax di kendaraan konsumen. (Foto: Dok. Alurnews.com)

AlurNews.com – Sejalan dengan penghapusan pertalite mulai 2024, Pertamina hanya akan menjual tiga jenis bahan bakar minyak (BBM) kendaraan mesin bensin mulai tahun depan.

“Nantinya di tahun depan hanya ada 3 produk (BBM) yang kami jual,” ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023) dikutip dari CNNIndonesia.

Adapun tiga produk BBM yang akan dijual tahun depan adalah pertama, pertamax green 92. Ini pengganti pertalite yang bahannya campuran antara RON 90 (pertalite) dengan 7 persen bioetanol (E7).

Kedua, pertamax Green 95 pada tahun depan. Ini adalah campuran antara pertamax dengan 8 persen etanol.

Ketiga, pertamax Turbo yang saat ini memang sudah dijual Pertamina. Ini adalah produk unggulan Pertamina dengan RON tertinggi yakni 98.

“Jadi, ada 2 green gasoline, green energy, low carbon yang jadi produk baru dari Pertamina,” jelasnya.

Nicke mengatakan bakal menghapus BBM jenis pertalite karena RON nya yang terlalu rendah yakni 90. Sedangkan, mengacu pada peraturan menteri KLHK nomor P.20 tahun 2017, minimal bensin yang dijual di Indonesia haruslah beroktan 91.

“Karena aturan KLHK oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91. Jadi ini sudah sangat pas, satu, aspek lingkungan bisa turunkan karbon emisi. Kedua, mandatory bioetanol bisa kita penuhi. Ketiga, kita menurunkan impor gasoline,” pungkas Nicke.