DPRD Natuna Sahkan Nota KUA dan PPAS APBD-P 2023

Penandatanganan KUA-PPAS APBD Perubahan Natuna 2023. (Foto: Fadli/AlurNews.com)

AlurNews.com  – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna, Daeng Amhar memimpin Rapat Paripurna agenda penandatangan Nota kesepakatan persetujuan bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna Tahun 2023, acara rapat di Aula Gedung DPRD Natuna. Rabu (6/9/2023).

Daeng Amhar mengatakan, penyusunan rancanangan KUA – PPAS berpedoman pada prioritas dan sasaran pembangunan yaitu, rencana dan program kegiatan prioritas pembangunan di daerah.

KUA dan PPAS ini juga merupakan landasan di dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Natuna.

Disampaikannya, pada tanggal 18/8, pemerintah kabupaten Natuna telah menyerahkan rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan PPAS perubahan APBD tahun 2023 kepada DPRD kabupaten Natuna.

Selanjutnya, DPRD melakukan pembahasan rancangan KUPA – PPAS Perubahan APBD Natuna tahun 2023 secara bersama tim Badan Anggaran DPRD, TAPD Natuna dan OPD terkait.

KUA dan PPAS Perubahan tahun anggaran 2023 disepakati dan ditandatangani bersama antara kepala daerah dengan pimpinan DPRD, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya, dari tim badan anggaran DPRD Natuna bersama TAPD atas pembahasannya terhadap KUA – PPAS perubahan tahun 2023,” ucap Amhar.

Pada kesempatan itu, Daeng Amhar juga mengingatkan agar sebelum akhir bulan September dilaksanakan paripurna penyampaian rancangan APBD Perubahan.

Sebab kata dia, berdasarkan pasal 177 PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, kepala daerah wajib menyampaikan rancangan perda tentang perubahan APBD kepada DPRD disertai penjelasan dan dokumen pendukung untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama paling lambat Minggu kedua bulan September tahun berkenaan.

Acara dilanjutkan pemandangan nota kesepakatan bersama KUA – PPAS Perubahan APBD Natuna tahun 2023. (Fadli)