Terbawa Arus, KM Garuda Jaya 8 Kandas di Perairan Pulau Ngenang

KM Garuda Jaya 8 kandas di Perairan Pulau Ngenang, Batam, Kamis (7/9/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kapal Motor (KM) Garuda Jaya 8, kandas di Perairan Pulau Ngenang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/9/2023) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapal muatan 70 fiber ikan dan es itu awalnya bergerak dari Kijang, Tanjungpinang menuju Punggur, Batam. Lalu, KM Garuda Jaya 8 terbawa arus surut di Perairan Ngenang sehingga kapal naik ke atas karang yang mengakibatkan kapal miring dan air mulai masuk kedalam palka kapal

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto. Dari informasi tersebut, Kapal Patroli Keamanan laut (Patkamla) Lobam 1-4-07 langsung membantu evakuasi KM Garuda Jaya 8 tersebut.

“Situasi saat ini kapal masih posisi kandas dan miring. Untuk ABK dalam keadaan selamat dan muatan kapal sudah dipindahkan menggunakan pompong dibawa ke pelantar di Punggur,” ujarnya, Jumat (8/9/2023).

Ditempat terpisah, Dansatrol Lantamal IV Batam, Letkol Laut (P) Arif Rahman melaporkan, perkembangan proses evakuasi. Saat ini, kapal itu telah dilakukan penarikan oleh KM Temborak Laut agar dapat keluar dari area kandas namun belum membuahkan hasil

“Sambil memantau jalannya evakuasi, kami tetap melaksanakan tindakan pengamanan di sekitar tempat kejadian,” tutupnya. (Arjuna)