Beredar Surat ke Perguruan Tinggi Batam Minta Mahasiswa Tak Demo

Demo tolak kenaikan BBM.
Ilustrasi demo mahasiswa. (Foto: dok. AlurNews.com)

AlurNews.com – Beredar surat berkop kepolisian di Batam, Kepulauan Riau ke sejumlah perguruan tinggi setempat. Isinya merespons rencana unjuk rasa mahasiswa pada Jumat (15/9/2023) esok.

Surat bernomor B/1438/IX/YAN2.1 2023 itu tertanggal 12 September 2023 dan ditujukan kepada seluruh Rektor Universitas di Batam.

UU Nomor 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia; UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan Juklak Kapolri No. Pol : JUKLAP/02/XII/1995 tanggal 29 Desember 1995 tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat; Berdasarkan surat dari Aliansi Mahasiswa Batam tanggal Nomor: – tanggal 11 Desember 2023 perihal pemberitahuan aksi unjuk rasa, menjadi rujukannya.

Menyikapi permasalahan yang saat ini sedang terjadi terkait lahan Rempang – Galang yang membuat situasi kamtibmas di Kota Batam tidak kondusif maka disarankan kepada pihak Rektor Universitas se-Kota Batam untuk menekankan kepada mahasiswa/mahasiswi untuk tidak melaksanakan aksi unjuk rasa guna menjaga situasi Kamtibmas di Kota Batam, isi dalam surat tersebut.

Sehubungan dengan rujukan di atas disampaikan kepada Rektor Universitas se-Kota Batam dari hasil analisa pihak Kepolisian bahwasanya mengacu kepada aksi unjuk rasa hari ini Senin 11 September 2023 di kantor BP Batam yang berakhir rusuh dan anarkis maka dari itu pihak Kepolisian telah mengambil langkah-langkah agar situasi Kamtibmas di Kota Batam kembali dalam keadaan kondusif.

Dimohon kepada Rektor Universitas se – Kota Batam untuk dapat mengeluarkan surat himbauan menjaga Kondusifitas kepada para mahasiswa/mahasiswi untuk tidak melaksanakan aksi unjuk rasa demi menjaga Kamtibnas se – Kota Batam.

Surat dua halaman dengan nomor surat kedua ini, ditandatangani Kasat Intelkam Polresta Barelang Kompol Yudiarta Rustam dengan tembusan kepada 10 universitas, diantaranya STIQ Sekupang, STAI Ibnusina, Politeknik Negeri Batam, Universitas Internasional Batam, STI KOM, SIT Muhammadiyah, Universitas Mitra Bunda, Universitas Batam, Universitas Ibnusina, Universitas Riau Kepulauan.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad yang dikonfirmasi, Rabu, 13 September 2023 melalui aplikasi WhasApp, belum memberikan penjelasan terkait surat tersebut. (red)