Gubernur Ansar Ingin Kundur Jadi Sentra Pertanian

kundur jadi sentra pertanian
Penyerahan bantuan pertanian di Kundur, Kabupaten Karimun, Senin (19/9/2023). Foto: Diskominfo Kepri.

AlurNews.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menginginkan Kundur, Kabupaten Karimun menjadi sentra pertanian. Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke Dusun Taelong, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Senin (18/9/2023).

Dalam kunjungan kerja itu, Ansar menyerahkan berbagai bantuan pertanian kepada masyarakat Dusun Taelong. Bantuan pertanian itu diserahkan kepada 20 kelompok tani ini mencakup 80 sachet benih cabai merah, 235 sachet benih cabai merah besar.

Kemudian 1.500 kg pupuk NPK, 100 liter pupuk organik cair, 60 roll media tanam plastik mulsa, 8.960 kg pupuk organik untuk tanaman durian, 1.600 kg pupuk NPK untuk tanaman durian, serta 4.500 kg dolomit untuk tanaman durian. Selain itu, ada bantuan peternakan berupa 16 ekor bibit sapi betina dan 2 ekor bibit sapi jantan.

Baca Juga: Pemprov Kepri Serahkan Bantuan Insentif 1.085 RT dan 390 RW di Karimun

Ansar berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat membuat petani lebih bersemangat, sehingga dapat meningkatkan kualitas pertanian.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri akan terus berkomitmen untuk mengembangkan berbagai produk pertanian seperti sorgum dan ubi di Kepri sebagai alternatif untuk menggantikan beras.

Hal itu menjadi salah satu langkah dalam menjaga ketahanan pangan dan menghindari inflasi pangan yang mungkin terjadi di Kepulauan Riau.

“Saya yakin bahwa bantuan ini juga akan memberikan manfaat signifikan bagi para petani Kundur, menciptakan kondisi yang lebih baik, dan menjadi salah satu cara dalam membantu mengontrol inflasi pangan di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Ansar juga menekankan pentingnya tersedianya bahan pangan dari pertanian di Kepri. Ia berkomitmen untuk terus mendukung hal itu.

Bupati Karimun Aunur Rofiq berterima kasih atas bantuan yang diserahkan Pemprov Kepri. Ia yakin bantuan ini akan membantu kelompok tani di Kabupaten Karimun meningkatkan produktivitas pertanian mereka, dan menjadikan Karimun lebih mandiri dalam hal pangan.

“Kami yakin bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dapat kami manfaatkan secara maksimal untuk mencapai kemandirian pangan di Kabupaten Karimun,” kata Aunur. (adv)