Yamaha Produksi Moge MT-07 di Indonesia

Ilustrasi Moge Yamaha MT-09.(Foto: Yamaha-motor.co.jp)

AlurNews.com – Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha kini mulai memproduksi motor gede (moge) dari pabrik mereka di Indonesia.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan telah ditunjuk oleh prinsipal menjadi basis produksi moge MT-07. Ini merupakan momen bersejarah sebab untuk pertama kalinya pabrik Yamaha di dalam negeri memproduksi moge.

Mengutip CNNIndonesia.com, MT-07 adalah moge jenis naked bermesin 2 silinder 689 cc yang dikenal punya torsi menjambak. Mesin motor ‘made in Indonesia’ ini dirancang standar Euro 5 menyesuaikan target YIMM yang menjadikannya sebagai barang ekspor, terutama ke Eropa.

Ekspor MT-07 itu menyusul model sport Yamaha lain produksi Indonesia yang sudah dikirim ke Eropa yakni R3 dan MT-03.

YIMM menandai produksi unit pertama dan ekspor perdana melalui seremoni pada Senin (18/9) di kantor pusat perusahaan di Pulogadung, Jakarta Timur.

Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM dalam keterangan resmi perusahaan menjelaskan produksi MT-07 menandakan ada investasi, penciptaan lapangan kerja dan transfer teknologi tinggi ke para pekerja Indonesia.

Dia juga menjelaskan ada kemungkinan bakal ada moge lain yang menyusul diproduksi di Indonesia.

“Saya yakin dengan meningkatnya kemampuan YIMM dalam produksi MT-07, bisa menjadikan satu lompatan besar yang akan berlanjut kepada varian-varian model motor besar berikutnya, serta memperkuat kepercayaan terhadap kualitas hasil produksi Yamaha Indonesia,” kata dia.

Pembaruan terkini MT-07 meluncur di Indonesia pada Agustus 2020. Saat itu motor yang dijual Rp243 juta itu meluncur bareng MT-09 yang dilego Rp290 juta.

YIMM tak menjelaskan apakah model MT-07 produksi lokal juga akan dijual di Indonesia dan bakal membuat harganya semakin murah.

YIMM sudah banyak memproduksi model keluarga MT di dalam negeri, selain MT-07 dan MT-03 ada pula MT-15 dan MT25.

YIMM mengelola dua pabrik motor di Indonesia, yakni di Pulogadung dan Karawang, Jawa Barat. Kedua pabrik ini sudah memproduksi 2 juta unit motor ekspor ke lebih dari 40 negara, termasuk Eropa, Asia, Amerika, Australia dan Afrika. (ib)