Ratusan WNA Tiongkok Sindikat Love Scamming Dipulangkan

Ratusan WNA Tiongkok sindikat love scamming, jalani proses pemulangan melalui Bandara Intenasional Hang Nadim, Rabu (20/9/2023) siang. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Ratusan Warga Negara Asing (WNA) Tiongkok yang merupakan sindikat love scamming, jalani proses pemulangan melalui Bandara Intenasional Hang Nadim, Rabu (20/9/2023) siang.

Pantauan di lokasi, pihak Ministry of Public Security of Republik Rakyat Tiongkok (RRT) saat ini tampak mendata para tersangka yang sebelumnya diamankan pihak Kepolisian di beberapa tempat berbeda.

Sementara itu, puluhan personil Polda Kepulauan Riau juga tampak bersiaga di lokasi pemulangan dengan peralatan lengkap.

Dari data yang dihimpun total WNA Tiongkok sindikat love scamming ini berjumlah 132 orang. Sementara pemulangan para tersangka ini diakomodir pihak Kedutaan China, dengan menggunakan pesawat carter.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 132 WNA asal China yang terlibat dalam aksi penipuan jaringan internasional dengan modus love scamming ditangkap Interpol Mabes Polri bekerja sama dengan Polda Kepri dan Polisi China.

Para pelaku diamankan di beberapa tempat di Batam. 88 orang diamankan di gedung di kawasan Kara Industrial Park, pada Selasa (29/8/2023), dua orang diamankan di Sukajadi, pada Rabu (30/8/2023) dan pada Selasa (5/9/2023) Polda bersama Polresta mengamankan 10 orang di Pulau Kasu.

Selanjutnya, 32 orang di Pulau Motong, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. Para WNA tersebut kemudian menjalani penahanan di Polda Kepri sebanyak 90 orang dan Polresta Barelang sebanyak 42 orang. (Nando)