291 KK di Rempang Sudah Mendaftar untuk Digeser

Kepala BP Batam Muhammad Rudi memberikan keterangan saat konferensi pers terkait perkembangan investasi di Pulau Rempang di Kantor BP Batam, Selasa (26/9/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengaku jika saat ini sudah ada ratusan kepala keluarga (KK) di Rempang yang mendaftar secara sukarela untuk dipindahkan ke lokasi yang disediakan.

Dari lebih kurang 1.200 KK, ada 291 yang mendaftar. Kemudian ada juga sebanyak 437 KK yang sedang tahap konsultasi.

“Yang konsultasi ini mungkin masih menanyakan ganti rugi. Maka ke depan saya akan coba selesaikan rumah ini, agar ada contoh dan mereka mungkin bisa terima,” ujar Rudi, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Pemerintah Akomodir Aspirasi dari Masyarakat Rempang

Pemerintah sendiri akan mengikuti segala keinginan warga yang siap digeser. Termasuk permintaan rumah dengan model dan tipe yang diinginkan.

“Rumahnya akan kami minta nanti disesuaikan dengan model, type rumah yang warga mau. Kami akan mengundang tokoh Melayu,” kata dia.

Begitu juga dengan masjid dan gerbang masuk ke sana, warga ingin jangan sampai hilang nama Rempang mengingat ada cerita dan histori yang panjang.

“Makam leluhur juga akan dipertahankan, budaya adat akan kami jaga,” ujar Rudi.

Ada dua titik pergeseran untuk warga Rempang nanti, yakni di Dapur 3 dan Tanjungbanun. Setiap KK akan mendapat jatah lahan sebesar 500 m². (Arjuna)