Gebyar Melayu Pesisir BI Kepri, Ajang Pembuktian Pelaku UMKM

Gebyar Melayu Pesisir 2023. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com, (Advertorial) – Gebyar Melayu Pesisir 2023 (GMP), yang diinisiasi oleh Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri yang disinergikan dengan agenda Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT). Disebut sebagai ajang bagi para pelaku UMKM untuk membuktikan diri dari sisi kualitas produk hasil olahan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Batam, Nuryanto yang menyebut hal ini setidaknya menumbuhkan semangat UMKM, untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk menembus pasar nasional dan ekspor.

“Kami dari DPRD Kota Batam sangat mengapresiasikan even Gebyar Melayu Pesisir 2023 (GMP), yang disinergikan dengan agenda Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT) ini. Selain memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelaku UMKM di Kepri, sekaligus menjadi sebuah nilai ukuran bagi mereka untuk bisa bersaing dikancah pasar nasional dan mancanegara melalui produk-produk berkualitas unggulan mereka,” tegasnya, Rabu (27/9/2023).

Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri, Suryono mengatakan bahwa Malam Apresiasi dan Fashion Show bersampenaan Gebyar Melayu Pesisir 2023 (GMP), yang disinergikan dengan agenda Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT) ini merupakan ajang penting bagi para pelaku UMKM di Provinsi Kepri unutk naik kelas dan menunjukkan jati dirinya kepada masyarakat domestik maupun mancanegara melalui produk-produk berkualitas mereka.

Pada malam tersebut, juga diselenggarakan fashion show yang menampilkan hasil rancangan kain wastra melayu dari 7 desainer ternama Kepri.

Dengan menampilkan 4 tim finalis High School Design Competition yang telah berjalan sejak bulan Agustus lalu dan diikuti oleh lebih dari 30 tim dari SMA/SMK di penjuru Kepri.

“Melalui fashion show ini, kita mencoba menumbuhkembangkan semangat para desainer di Kepri serta pelajar dalam mendesain produk berkualitas. Dan kami sangat mengapreasiasikan dan ucapkan selamat atas karya-karya terbaik mereka,” tegasnya.

Pihaknya juga menegaskan bahwa Gebyar Melayu Pesisir dan Expo Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle ini, merupakan flagship event pengembangan UMKM yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau sebagai bagian dari strategi Bank Indonesia dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui pengembangan UMKM.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak atas sinergi yang telah dijalankan bersama dengan Bank Indonesia dalam mendorong pengembangan UMKM melalui berbagai kolaborasi kegiatan yang telah dilaksanakan di sepanjang tahun 2023,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari Ansar yang mengapresiasikan peran Bank Indonesia Provinsi Kepri dalam menumbuhkan semangat para pelaku UMKM untuk Go Publik. Serta ikut bersaing dalam memberikan produk-produk berkualitasnya.

“Kami atas nama Dekranasda Provinsi Kepri menyampaian apresiasi kepada BI kepri, dan semua pihak yang terkait yang telah ikut berpartisipasi. Semoga acara ini berjalan lancar dan sesuai dengan harapan yang ada,” terangnya. (Nando)