Tingkatan Kewaspadaan Informasi Jelang Pemilu, Kesbangpol Kepri Gandeng Mahasiswa dan Polisi

Kesbangpol Kepri menggelar dialog atau diskusi bersama dalam Forum Peningkatan Kewaspadaan Informasi dan Media dalam Menghadapi Pemilu 2024, Selasa (3/10/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepri menggelar dialog atau diskusi bersama dalam Forum Peningkatan Kewaspadaan Informasi dan Media dalam Menghadapi Pemilu 2024.

Kegiatan dilangsungkan di Ballroom Beverly Hotel, Kota Batam, Kepri, Selasa (3/10/2023).

Narasumber dari kegiatan itu adalah Ditjen Popum Kemendagri RI, Andi Aswin Manggabarani; Kepala Badan Kesbangpol Kepri, Raja Henry Mohkrizal; Anggota KPU Kepri, Ngaliman; Ketua KPID Kepri, Hengki Muhari; dan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Andi Aswin Manggabarani, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa keberlangsungan Pemilu tahun 2024 sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk mengawasi berjalannya pesta demokrasi tersebut.

“Juga merangkul dan memberi pemahaman ke masyarakat agar tidak misinformasi,” ujar Analis Kebijakan Ahli Muda Subdektorat Fasilitasi Peningkatan Demokrasi Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum itu.

Kepada seluruh forkopimda, ia minta bagaimana seluruh sektor bisa memberi pencerahan, meliputi apa langkah-langkah yang perlu dilakukan bersama untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Yang datang hari ini (tamu dan panelis) bisa menjadi penyampai lidah supaya masyarakat tau mengenai Pemilu yang sejatinya menyenangkan bagi seluruh kelompok dan lapisan masyarakat,” kata dia.

Demokrasi, lanjutnya, harus terjadi guna terciptanya kebahagiaan bagi masyarakat dan bukan menjadi pemecah-belah anak bangsa.

“Tidak harus jadi pemecah-belah bangsa. Pesta demokrasi ini menciptakan kebahagiaan bagi masyarakat. Kami memandang kegiatan kita sangat strategis untuk dilaksanakan,” pungkasnya.

Selain para narasumber, kegiatan itu juga turut dihadir oleh para mahasiswa dari beragam universitas di Kepri. Mereka saling berdiskusi terkait dengan Pemilu 2024 mendatang. (Arjuna)