Kebun Kelapa di Karimun Diserang Hama, Dispantan Gerak Cepat

Belasan kebun sawit di Karimun diserang hama, Dispantan gerak cepat. Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com– Belasan hektar kebun kelapa milik warga di Kelurahan Alai, Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) diserang hama jenis artona.

Mengetahui hal itu, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Karimun langsung bergerak cepat untuk melakukan peninjauan dan pendampingan kepada para petani terdampak.

“Saat ini kita masih melakukan pendampingan ke para petani, karena penanganannya tidak bisa sembarangan dan memerlukan assement lebih lanjut,” ucap Kepala Dispantan Karimun, Sukrianto Jaya Putra, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga: Sejumlah Event Menarik Disiapkan di Karimun, Pelaku UMKM Full Senyum

Sukri mengatakan sebelumnya hama artona pertama kali terdeteksi di salah satu kebun warga Ungar pada April 2023 silam. Namun, setelah melalui penanganan yang tepat hama itu berhasil dikendalikan.

“Kita tidak bisa semprot pestisida langsung setelah ada hamanya, harus melalui assesment lebih lanjut, untuk itu kita sangat berhati-hati,” sebutnya. 

Ia menyebutkan dalam pendampingan itu, pihaknya langsung berkoordinasi bersama ahli penanganan hama untuk langkah-langkah yang perlu diambil.

Untuk saat ini, pihaknya melakukan tindakan preventif dengan memantau perkembangan hama di kebun-kebun warga dan pihaknya juga telah memberikan bantuan 6 liter pestisida untuk penanganan sementara. (Andre)