Kabut Asap Kian Menebal, Masyarakat di Karimun Khawatir Terserang ISPA

Kabut asap selimuti Kabupaten Karimun, Sabtu (7/10/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) dalam beberapa hari terakhir ini telah diselimuti kabut asap, bahkan kabut asap tersebut semakin menebal.

Kondisi tersebut pun membuat jarak pandang semakin terbatas, masyarakat juga dibuat khawatir terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Kuat dugaan, kabut asap itu merupakan kiriman dari Sumatera tepatnya Provinsi Riau, hal ini diperkuat setelah banyaknya muncul titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah tersebut.

“Makin tebal kabut asapnya sekarang, kami takut jika makin tambah parah bisa terserang ISPA,” ungkap salah seorang warga di Karimun, Ricky, Sabtu (7/10/2023).

Ia juga mengatakan, jika kondisi kabut asap ini semakin parah dapat berimbas pada terganggunya aktivitas masyarakat sehari-hari.

Sementara itu, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun juga turut membenarkan bahwa kabut asap yang terjadi saat ini merupakan kiriman dari Sumatera.

“Secara umun kondisi ini disebabkan oleh partikel kotor dan sebaran asap yang dikirim dari wilayah Sumatera,” kata Forecaster BMKG Karimun, Younggy H.M. Hutabarat.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak diperlukan. (Andre)