Pasca Karimun Berkabut, DLH Sebut Kualitas Udara Masih Kategori Aman

Kualitas udara di Karimun masih aman. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pasca wilayah Kabupaten Karimun diselimuti kabut asap kiriman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merilis indeks kualitas udara.

Berdasarkan data yang dihimpun, DLH Karimun menyampaikan indeks kualitas udara masih dalam kategori aman bagi kesehatan manusia.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Karimun dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini diselimuti kabut asap kiriman.

Kabut asap itu merupakan kiriman dari wilayah Sumatera tepatnya Provinsi Riau akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Dari data yang kita peroleh, indeks kualitas udara masih kategori aman,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karimun, Rita Agustina, Senin (9/10/2023).

Sebelumnya Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga merilis penyebab kondisi kabut asap yang terjadi di Karimun.

Menurut BMKG kondisi tersebut disebabkan oleh partikel kotor seperti debu dan diperparah dengan sebaran asap kiriman dari wilayah Sumatera.

Tak sampai disitu, BMKG juga menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar rumah jika tidak diperlukan. (Andre)