26 Mahasiswa UPB Tangkal Hoaks Bersama AJI Batam

Mahasiswa UPB mengikuti pelatihan cek fakta anti hoaks yang dilaksanakan AJI Kota Batam di Kampus UPB Tembesi, Kamis (12/10/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Mahasiswa Universitas Putera Batam (UPB) antusias mengikuti pelatihan cek fakta anti hoaks yang dilaksanakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam, di Kampus UPB Tembesi, Kamis (12/10/2023). Pelatihan mendatangkan dua trainer bersertifikasi dari AJI Indonesia dan Google News Initiative.

Pelatihan yang diikuti 26 mahasiswa dari berbagai jurusan UPB ini akan berlangsung selama 12-13 Oktober 2023.

Welly Sugianto Dekan Fakultas Teknik UPB membuka langsung acara pelatihan tersebut. Ia mengatakan, tema pelatihan ini sangat menarik lebih lagi untuk zaman digital saat ini.

“Ini tema yang bagus, sejalan dengan perkembangan komunikasi dalam hidup kita,” kata Welly.

Ia melanjutkan, apalagi AJI Kota Batam mendatangkan dua narasumber yang berkompeten. “Ini menarik diikuti semua kalangan, kalau saya tidak mengajar saya akan ikut juga,” katanya.

Welly berharap mahasiswa bisa konsentrasi mengikuti pelatihan. “Semoga apa yang disampaikan pemateri bisa bermakna,” katanya.

Pelatihan di hari pertama disampaikan Yose Hendra Trainer Cek Fakta. Ia menjelaskan, beberapa penyebab hoaks beredar di masyarakat, termasuk memberikan pemahaman soal sikap skeptis terhadap semua informasi.

“Jadi kalau dapat informasi, jangan langsung disebar, cek dulu kebenaranya,” jelasnya.

Begitu juga yang disampaikan Yogi Eka Sahputra Jurnalis Tempo dan Mongabay. Ia memaparkan, banyak modus yang dilakukan penyebar hoaks saat ini, termasuk untuk mencari keuntungan.

“Bahkan hoaks bisa berdampak kepada terjadinya menghilangkan nyawa seseorang,” katanya.

Mahasiswa mengikuti pelatihan dengan antusias. Mereka juga diminta memecahkan beberapa soal, untuk dicari kebenaran informasinya, berdasarkan tools yang sudah diberikan trainer. (Nando)