5 Destinasi Wisata Populer di Batam, Wajib Dikunjungi!

ddestinasi wisata di batam
Museum Batam Raja Ali Haji, salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Batam. Foto: mediacenterbatam.go.id

AlurNews.com – Sejumlah destinasi wisata menarik di Batam sayang untuk dilewatkan. Meskipun terkenal dengan pantainya, Batam juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik, seperti jembatan ikonik, masjid megah, mini zoo, dan museum sejarah.

Dilansir dari laman detik.com, Berikut ini adalah lima destinasi wisata populer di Batam yang wajib dikunjungi.

  1. Pulau Belakang Padang

Pulau ini memiliki jarak yang dekat dengan Singapura, sehingga pengunjung dapat melihat negara tetangga tersebut dari Pulau Belakang Padang. Pulau yang dikenal dengan nama lain Pulau Penawar Rindu ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan kuliner khas Melayu yang menggugah selera, seperti Teh Tarik Ameng.

Baca Juga: Dua Agenda Wisata di Kepri Masuk Kalender Nasional KEN 2023

  1. Jembatan Barelang

Jembatan ini merupakan salah satu ikon pariwisata Batam yang menghubungkan beberapa pulau, di antaranya Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang.

Jembatan ini memiliki tujuh bagian yang berbeda, masing-masing dengan pemandangan yang menakjubkan. Jembatan Barelang dibangun atas prakarsa Presiden ke-3 BJ Habibie. Jembatan Barelang menjadi salah satu ikon Kota Batam yang menawarkan spot foto dan kuliner menarik.

  1. Museum Raja Ali Haji

Museum ini adalah museum pertama di Kota Batam dan menyimpan sejarah Kota Batam mulai dari masa Kesultanan Riau-Lingga hingga saat ini. Museum ini juga memamerkan perkembangan kota saat presiden ke-3 BJ Habibie mengubah Batam menjadi kota industri.

  1. Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang merupakan area yang dibangun sebagai mini zoo. Selain rusa, di taman tersebut kini ada tambahan satwa lain seperti ayam kate, merpati, dan angsa. Untuk bisa masuk ke Taman Rusa, wisatawan harus membayar retribusi, dengan harga tiket bervariasi tergantung pada hari kunjungan.

  1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid ini adalah salah satu masjid megah di Kota Batam yang mampu menampung sekitar 25 ribu jemaah. Dibangun dengan arsitektur yang menggabungkan unsur Arab, Turki, dan Melayu, masjid ini memiliki menara pandang setinggi 99 meter yang terbuka untuk publik.

Jika Anda berkunjung ke Batam jangan lewatkan untuk berkunjung ke lima destinasi wisata ini, karena lokasi-lokasi tersebut akan memberikan pengalaman seru yang tak terlupakan. (red)