Cak Nur Selipkan Pesan Demokrasi saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ketua DPRD Batam, Nuryanto menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bengkong. (Foto: ist untuk AlurNews.com)

AlurNews.com, Batam – Ketua DPRD Kota Batam, Kepulauan Riau, Nuryanto, menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H di Masjid Babul Khairath, Bengkong Indah, Batam pada Jumat (13/10/2023) malam.

Kehadiran orang nomor satu di legislatif Batam ini pun disambut ratusan jamaah masjid dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Menanamkan Keteladanan Nabi Muhammad SAW Demi Mencapai Tujuan Dunia Akhirat’ ini dan mendatangkan penceramah KH Asep Ahmad Rabbani.

Amin Pelu, tokoh masyarakat setempat menyebutkan, suatu kehormatan dan kebanggan bagi masyarakat setempat akan kehadiran sjumlah tokoh-tokoh penting di Batam dan Provinsi Kepri dalam menghadiri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H di perumahan mereka.

Dia berharap para pejabat-pejabat tersebut mendapatkan keberkahan dan kesuksesan dalam perjalan karirnya. “Kami sangat berbangga dan berterima kasih atas kehadiran Bapak-bapak ini. Dan ini menandalan kedekatan antara pejabat dengan masyarakt di Bengkong Indah ini sangat dekat dan erat. Terima kasih atas kehadirannya pak,” kata dia.

Maulid Nabi besar Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh pengurus masjid tersebut, merupakan kegiatan rutin jamaah di sana. “Dengan kondisi masjid yang masih mengalami kekurangan fasilitas pendingin ruangan (AC) ini, setidaknya dengan kehadiran para pejabat ini akan mendapat solusi terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Batam Nuryanto juga mengajak dalam momen perayaan maulid tersebut, dapat diambil manfaatnya dan mampu menambah ketaqwaan pada Allah SWT.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa peringatan maulid nabi bukan sekadar seremonial, tapi meneladani perilaku dan juga perbuatan Nabi Muhammad dalam semua aspek kehidupan dan aktualisasi diri.

“Bagi milenial dapat dicontoh dengan menjadi pemuda hebat. Lalu, bagi para suami dapat mencontoh kejujuran dan keadilan. Serta sosok ayah yang paling baik menyayangi keluarga dan tidak pernah marah. Juga menjadi pemimpin yang sangat adil dan menjadi guru yang bijak,” jelasnya.

Disamping itu, Cak Nur, sarapan akrabnya, mengingatkan kepada jamaah bahwa pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan pesta demokrasi atau Pemilu serentak. Untuk itu, pihaknya sangat berharap setiap masyarakat yang telah mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak suaranya.

“Saya mengajak masyarakat untuk ikut serta mengunakan hak pilihnya selaku warga yang baik, jadilah pemilih yang cerdas. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani. Mosok yang namanya pesta demokrasi kita malah tidak happy. Jadi marilah kita manfaatkan momen dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kerukunan dan persatuan, tidak terpecah lantaran berbeda pilihan. Jangan sampai terjadi ajang pertengkaran dan memicu pertikaian. Perbedaan pilihan adalah hal yang biasa di negara demokrasi dan tidak perlu diperdebatkan, apalagi sampai bermusuhan selama bertahun-tahun.

“Mari bersama pelihara persatuan dan kedamaian. Terlebih lagi mendekati tahun-tahun politik dan pesta demokrasi yang kian mendekat. Oleh karenanya, kami mengajak warga semuanya untuk bisa mendukung jalannya pemilu 2024,” kata dia. (jun)