Jim Ratcliffe Siap Ambil Alih 25 Persen Saham Manchester United Senilai Rp 23,5 Triliun

Stadion Old Trafford, markas Manchester United. (Foto: ist via setanmerah.net)

AlurNews.com – Bos Ineos, Jim Ratcliffe, telah menyatakan kesiapannya membayar lebih dari US$1,5 miliar (Rp 23,5 triliun lebih) untuk mengakuisisi 25 persen saham Manchester United Plc, dan tawarannya diharapkan diterima oleh keluarga Glazer, seperti yang diungkapkan oleh sumber terpercaya kemarin.

Jim Ratcliffe, yang pertama kali melaporkan tawarannya di New York, telah menawarkan penawaran yang akan membuat penilaian Manchester United mencapai sekitar US$6,5 miliar (Rp 102 triliun lebih), tanpa memperhitungkan utang bersih klub yang melebihi US$600 juta (Rp 9,42 triliun lebih), menurut sumber tersebut. Demikian Reuters melaporkan.

Nilai penawaran ini sedikit lebih tinggi daripada tawaran yang diajukan oleh bankir Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad al Thani, yang menginginkan 100 persen saham klub Liga Utama Inggris tersebut. Saat ini, Manchester United dinilai oleh pasar saham sekitar US$3,3 miliar (Rp 52,8 triliun lebih).

Sheikh Jassim baru-baru ini memberitahu keluarga Glazer bahwa dia tidak akan meningkatkan tawarannya lebih lanjut, sehingga menarik diri dari penawaran apa pun.

Hingga saat ini, keluarga Glazer belum mencapai kesepakatan dengan Jim Ratcliffe, dan negosiasi kemungkinan akan berlanjut hingga akhir bulan ini, sesuai dengan sumber yang dikutip.

Keluarga Glazer, yang memiliki kekayaan di bidang real estat, ritel, dan layanan kesehatan, serta menjadi pemilik tim NFL Tampa Bay Buccaneers, mengakuisisi Manchester United pada tahun 2005 dengan harga £790 juta (Rp 15 triliun).

Enam ahli waris Malcolm Glazer, pengusaha Amerika yang meninggal pada tahun 2014, saat ini bersama-sama memiliki 96 persen suara di Manchester United.

Struktur kesepakatan yang diusulkan oleh Jim Ratcliffe akan memungkinkan anggota keluarga Glazer dan pemegang saham lainnya untuk melepaskan sebagian saham mereka, menurut sumber yang sama.

Jim Ratcliffe juga menawarkan untuk mengelola rekrutmen dan pengembangan bakat di Manchester United jika tawarannya berhasil diterima, sesuai dengan sumber tersebut.

Beberapa penggemar klub telah lama mengkritik keluarga Glazer atas cara mereka mengelola aspek penting dalam operasional Manchester United.

Jim Ratcliffe mendirikan Ineos pada tahun 1998 dan saat ini menjabat sebagai Ketua dan CEO grup perusahaan kimia tersebut, dengan memiliki dua pertiga saham. Forbes memperkirakan kekayaan bersih Jim Ratcliffe mencapai US$18,7 miliar (Rp 293 triliun lebih).

Miliarder asal Inggris ini memiliki sejumlah bisnis di dunia olahraga. Ineos telah mengakuisisi klub Ligue 1 Prancis Nice, klub Liga Super Swiss FC Lausanne-Sport, dan menjalin kemitraan dengan Racing Club Abidjan di Ligue 1 Pantai Gading. Selain itu, Ineos juga mensponsori Grenadiers, salah satu tim sepeda paling sukses di dunia.